Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Mau Aman dan Nyaman saat Mudik Lebaran? Jangan Lupa Punya Asuransi Kendaraan

Ekonomi asuransi kendaraan Allianz Indonesia Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Angga Bratadharma • 29 April 2022 17:18
Jakarta: Setelah dua tahun dilarang, Pemerintah Indonesia kembali mengizinkan mudik Lebaran di 2022 sesuai dengan aturan dan syarat perjalanan mudik dalam Surat Edaran Satuan Tugas Covid-19 No.16 Tahun 2022. Hal itu seiring melandainya kasus positif dan angka kematian akibat covid-19.
 
Masyarakat boleh mudik Lebaran ke kampung halaman asalkan dalam kondisi sehat dan sudah menjalani vaksin covid-19 dosis lengkap serta booster untuk usia 18 tahun ke atas. Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik Lebaran di 2022 mencapai 56 juta orang dan bisa melonjak hingga 70-an juta karena masyarakat sudah tidak mudik selama dua tahun.

 
Dari 56 juta orang yang diprediksi akan mudik, sebanyak 26 persen atau 21 juta pemudik akan menggunakan mobil pribadi. Kemudian pemudik dengan sepeda motor sebesar 18 persen atau 14 juta. Selanjutnya pemudik dengan bus sebesar 16 persen atau 12 juta, dan pesawat 12 persen atau sembilan juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi masyarakat yang akan pergi mudik ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, selain mempersiapkan vaksin booster sebagai syarat, kendaraan untuk perjalanan juga perlu disiapkan dari sekarang. Kendaraan untuk mudik Lebaran juga harus diservis agar dalam kondisi baik untuk perjalanan jarak jauh. Tak boleh dilupakan juga adalah Asuransi Kendaraan.
 
Risiko mobil mogok, kecelakaan, dan tindak kejahatan dapat terjadi selama perjalanan dan libur Lebaran. Oleh karena itu, kendaraan juga butuh asuransi untuk mengantisipasi hal-hal buruk selama mudik perjalanan.
 
Head of Personal Lines & Product Development Allianz Utama Indonesia Alwin Jasim mengatakan sebelum membeli para pemudik perlu memahami dengan baik jenis-jenis asuransi kendaraan.
 
"Dengan memahami jenis perlindungan maka kegiatan berkendara jarak jauh ke kampung halaman pun akan terasa lebih menyenangkan karena pemudik telah terlindungi dengan aman," kata Alwin, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 April 2022.

 
Agar tidak salah pilih, berikut sejumlah tips memilih asuransi kendaraan untuk mudik Lebaran di 2022:

1. Kenali perusahaan asuransi

Pastikan untuk menggunakan asuransi kendaraan dari perusahaan yang telah mendapatkan izin OJK.

2. Mengetahui jenis asuransi kendaraan dengan informasi secara detail

Secara umum, asuransi kendaraan memberikan dua macam perlindungan untuk dipilih, yakni komprehensif atau all risk dan Total Loss Only (TLO). Asuransi kendaraan all risk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap semua kerusakan, mulai dari baret, penyok, kaca pecah, hingga kehilangan akibat pencurian. Semua kerusakan kecil dan besar ditanggung oleh Asuransi Kendaraan all risk. Tentunya, dengan banyaknya perlindungan yang diberikan, nominal premi yang dibayar juga lebih mahal.
 
Asuransi kendaraan TLO memiliki besaran premi yang lebih murah dibandingkan dengan asuransi all risk. Namun, asuransi kendaraan TLO hanya memberikan perlindungan terhadap kerusakan berat dan kehilangan. Kerusakan berat yang dimaksud adalah kendaraan rusak parah akibat kecelakaan dan untuk perbaikan membutuhkan biaya di atas 75 persen dari harga kendaraan.

3. Memahami perlindungan yang didapatkan

Setelah mengetahui jenis asuransi kendaraan, pahami juga macam-macam perlindungan yang didapatkan. Baca polis asuransi kendaraan yang akan digunakan dengan cermat dan seksama. Di setiap polis terdapat hal-hal apa saja yang dijamin atau diberikan perlindungan oleh perusahaan asuransi.

4. Membandingkan produk asuransi

Setiap produk asuransi kendaraan menawarkan perlindungan yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhanmu, bandingkan masing-masing asuransi kendaraan.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif