Ilustrasi Bank BRI - - Foto: MI/ Moh Irfan
Ilustrasi Bank BRI - - Foto: MI/ Moh Irfan

BRI Optimistis Target Pertumbuhan Kredit 9-11% Tahun Ini Bisa Dicapai

Ekonomi Perbankan Kredit bri Penyaluran Kredit Baru
Eko Nordiansyah • 25 April 2022 18:02
Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tetap optimistis bisa mencapai target pertumbuhan kredit tahun ini. Bahkan, BRI masih enggan merevisi target pertumbuhan kredit antara sembilan hingga 11 persen tersebut.
 
Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan optimisme ini didukung oleh kesiapan internal BRI dalam menggenjot kredit pada tahun ini. BRI tercatat memiliki likuiditas memadai dengan LDR sebesar 86,96 persen dan permodalan yang kuat dengan CAR 24,61 persen.

 
"Kita masih cukup optimistis untuk pertumbuhan kredit 9-11 persen. Kita masih memiliki likuiditas yang memadai dan kecukupan modal. Itu yang membuat kita optimistis bisa menyalurkan kredit," kata dia dalam video conference, Senin, 25 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sunarso mengakui, kondisi perekonomian ke depan masih akan dipenuhi oleh ketidakpastian. Hal ini tak lepas dari pemulihan pandemi yang belum merata, perang antara Rusia-Ukraina, inflasi, serta potensi kenaikan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat, The Fed.
 
"Kita masih menghadapi realitas global, inflasi naik luar biasa. Kita juga ada kecenderungan harga komoditas naik, supply chain energi dan pangan yang mengalami gangguan karena pandemi yang belum selesai dan adanya perang Rusia-Ukraina," ungkapnya.
 
Meski begitu, BRI mampu mencatat pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 7,43 persen year on year (yoy) menjadi Rp1.075,93 triliun. Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dari  penyaluran kredit nasional di kuartal I 2022 sebesar 6,65 persen.
 
Secara umum, portofolio kredit UMKM BRI tercatat tumbuh 9,24 persen dari Rp826,85 triliun di akhir Maret 2021 menjadi Rp903,29 triliun di akhir Maret 2022. Hal ini membuat proporsi kredit UMKM naik menjadi 83,95 persen dibandingkan total kredit BRI.
 
Apabila dirinci, penyaluran kredit kepada seluruh segmen UMKM tercatat tumbuh positif, dengan penopang utama yakni segmen mikro yang tumbuh 13,55 persen, segmen konsumer tumbuh 4,56 persen dan segmen kecil & menengah tumbuh 3,96 persen.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif