Riset ini juga menemukan hampir setengah (48 persen) konsumen Indonesia menyatakan peningkatan belanja mereka dilandasi kepercayaan diri terhadap kondisi ekonomi. Sedangkan 43 persen dari mereka memiliki keinginan untuk berbelanja lebih banyak.
Dari sekitar 67 persen masyarakat Indonesia yang berencana untuk mengalokasikan setidaknya seperempat dari Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Ramadan mendatang, data terbaru menggarisbawahi naiknya optimisme konsumen akan mendorong peningkatan belanja mereka.
Sebagaimana kepercayaan diri konsumen diperkirakan akan mendorong belanja yang lebih tinggi pada bulan Ramadan mendatang, brands dapat memanfaatkan lonjakan tersebut dengan informasi berbasis data untuk mendukung kampanye periklanan dengan presisi, optimalisasi, dan pengukuran yang lebih akurat.
"Optimisme konsumen memberikan indikator yang kuat bagi brands untuk meningkatkan investasi periklanan mereka agar dapat menjangkau konsumen pada waktu dan lokasi yang tepat di Ramadan 2024," ungkap General Manager, Indonesia, The Trade Desk, Purnomo Kristanto, dalam hasil surveinya, Minggu, 17 Desember 2023.
Dia mengatakan, The Trade Desk menganalisis lebih dari satu triliun ad opportunity setiap harinya yang menghadirkan peluang berbasis data bagi pemasar untuk membangun kampanye iklan yang berdampak, selagi mengawasi performa kampanye untuk pertumbuhan bisnis yang efektif.
Baca juga: Tips Tetap Hemat Berbelanja Setelah Gajian |
Masyarakat Indonesia terbuka mempelajari brand baru
Data juga menunjukkan Ramadan akan menjadi waktu yang strategis bagi pemasar untuk mendapatkan konsumen baru. Mayoritas masyarakat Indonesia (85 persen) terbuka untuk mencoba brands baru, dan tujuh dari 10 menganggap diri mereka sebagai 'penjelajah kategori'.
"Mereka belum memutuskan brand yang spesifik untuk produk yang ingin mereka beli. Momentum Ramadan yang sudah hampir di depan mata menuntut pemasar untuk menggunakan informasi terkait segmen audiens utama untuk membangun kampanye iklan dalam waktu yang tepat dan relevan sesuai dengan konsumen di setiap tahap perjalanan belanja mereka," jelas dia.
Gen Z menjadi pemimpin konsumsi
Pada saat berlangsungnya dan menjelang Ramadan, masyarakat Indonesia berencana untuk menjadi lebih aktif secara digital karena berkurangnya aktivitas fisik saat berpuasa.
Temuan riset tersebut menunjukkan konsumsi digital akan terfokus pada saluran open internet seperti OTT/CTV, platform streaming audio, aplikasi Islami, game seluler, dan majalah/situs web online dalam periode ini.
Secara spesifik, Gen Z aktif dalam streaming, menunjukkan peningkatan sebesar 20 persen dalam konsumsi OTT/CTV dan peningkatan sebesar 25 persen dalam streaming audio.
"Seiring dengan pemasar yang semakin melek digital, banyak dari mereka yang memperluas strategi periklanan mereka di luar platform pencarian dan media sosial. Meningkatnya optimisme konsumen pada bulan Ramadan yang akan datang mendorong lebih banyak brands untuk beriklan secara online, menghadirkan lebih banyak persaingan di ruang digital," ujar Purnomo.
Dia menuturkan, platform pembelian media seperti The Trade Desk dapat membantu pemasar mengoptimalkan kampanye omnichannel dan menyediakan pengukuran closed-loop untuk memantau dampak kampanye iklan terhadap penjualan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News