IHSG. Foto : MI.
IHSG. Foto : MI.

Buntuti Gerak Bursa Saham Global, IHSG Juga Bakal Melemah

Annisa ayu artanti • 01 Juli 2022 09:30
Jakarta: Mengawali semester II-2022, Indeks harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan melemah mengikuti pergerakan bursa saham global dan regional.
 
Research Analyst BNI Sekuritas Maxi Liesyaputra mengatakan indeks Dow Jones industrial average ditutup melemah 0,82 persen, begitu juga dengan S&P 500 yang mencatat penurunan 0,88 persen, bahkan indeks Nasdaq Composite mencatat koreksi lebih dalam sebesar 1,33 persen.
 
"Penurunan tersebut dipengaruhi kekhawatiran akan kenaikan inflasi dan kenaikan suku bunga the Fed," jelas Maxi dalam riset, Jumat, 1 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, bursa Eropa juga tercatat melemah signifikan seperti FTSE 100 dan CAC 40 dengan penurunan di atas 1,5 persen. Menurutnya, penurunan ini seiring dengan sentimen pasar global yang kurang baik.
 
Sedangkan untuk bursa Asia Pasifik mengalami pelemahan. Ia menyebutkan, Bursa Asia Pasifik kemarin bergerak variatif dengan sebagian besar mengalami pelemahan. Kospi, Nikkei dan TSEC Weighted Index mencatat penurunan signifikan.
 
Produksi industri Jepang mencatat penurunan 7,2 persen month on month pada Mei 2022, jauh di bawah perkiraan. Bursa yang mencatat kenaikan diantaranya adalah Shenzhen Component dan SSE Composite Index. Kegiatan produksi di China naik pada Juni 2022 dibandingkan bulan sebelumnya.
 
Dari dalam negeri, hari ini Indonesia akan merilis angka inflasi untuk Juni 2022. Kurs rupiah berada di posisi Rp14.880 per USD, cenderung mendatar dibandingkan posisi kemarin.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif