Ilustrasi IPO. Foto : MI.
Ilustrasi IPO. Foto : MI.

Perusahaan yang Menunda IPO Tahun Ini Berkurang

Annisa ayu artanti • 17 Mei 2022 17:29
Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan jumlah perusahaan yang menunda IPO tahun ini cenderung berkurang dibandingkan tahun lalu. Hingga 10 Mei 2022, tercatat terdapat 38 perusahaan yang berada dalam pipeline pencatatan saham.
 
Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan perusahaan yang berada pada pipeline pencatatan saham tersebut merupakan perusahaan yang masih dalam proses IPO (on schedule).
 
"Berdasarkan catatan kami sampai dengan 13 Mei 2022, dibandingkan periode yang sama 2021 yang lalu, jumlah perusahaan yang melakukan penundaan IPO relatif berkurang," kata Nyoman kepada wartawan, Selasa, 17 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nyoman menjelaskan penundaan IPO dapat disebabkan berbagai faktor. Terdapat faktor internal perusahaan maupun faktor eksternal perusahaan. Faktor eksternal perusahaan di antaranya adalah kondisi pasar modal yang kurang kondusif, perubahan peraturan, dan lain-lain.
 
"Sedangkan faktor internal perusahaan misalnya perusahaan memperoleh investor strategis yang dapat memengaruhi kebijakan perusahaan, restrukturisasi group perusahaan," jelasnya.
 
Nyoman juga melanjutkan perusahaan yang telah merencanakan IPO dan telah menyampaikan dokumen pernyataan pendaftaran maupun permohonan pencatatan tentunya telah merencanakan rencana tersebut dengan matang.
 
"Kami berharap, perusahaan yang berencana IPO dapat merealisasikannya sesuai rencana," ujarnya.
 
Nyoman menambahkan saat ini kondisi ekonomi maupun pasar modal sudah relatif kondusif. Dengan begitu, bursa memperkirakan perusahaan-perusahaan yang berencana menunda tersebut dapat menyampaikan kembali permohonan pencatatan.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif