Ilustrasi melek finansial. Foto : Medcom.
Ilustrasi melek finansial. Foto : Medcom.

Generasi Muda Indonesia Belum Sehat Finansial

Annisa ayu artanti • 19 Agustus 2021 20:41
Jakarta: Bank OCBC NISP menyatakan generasi muda Indonesia menjadi salah satu generasi yang memiliki literasi keuangan yang rendah.
 
Direktur Bank OCBC NISP Ka Jit menyatakan, berdasarkan hasil riset OCBC NISP Financial Fitness Index rata-rata kesehatan finansial generasi muda Indonesia hanya mencapai 37,72. Angka tersebut jauh dibandingkan dengan Singapura yang mencapai 61.
 
Riset tersebut juga menunjukkan hanya 14,3 persen anak muda yang terlihat berusaha menuju sehat finansial, namun nyatanya kondisi mereka masih belum ideal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akses masyarakat pada produk dan layanan keuangan yang terus meningkat ternyata tidak selalu membawa dampak positif, khususnya di generasi muda jika mereka tidak dibekali dengan pemahaman keuangan yang baik," kata Ka Jit, dalam paparan virtual, Kamis, 19 Agustus 2021.
 
Menurutnya, salah satunya penyebab rendahnya kesehatan finansial generasi muda Indonesia di karena pemahaman para generasi muda yang masih tidak tepat dan lengkap.
 
Contohnya, dalam mengelola kekayaan dan bagaimana mengelola keuangan. Ka Jit menuturkan banyak anak muda Indonesia saat ini yang hanya mengikuti fenomena ikutan tren investasi.
 
Mereka melakukan investasi namun menggunakan uang hasil hutang, atau nekat terjun ke cryptocurrency menggunakan uang sekolah atau tabungan nikah.
 
Dengan kondisi tersebut berdasarkan Riset OCBC NISP Financial Fitness Index menyarankan generasi muda yang kurang sehat secara finansial tersebut untuk melakukan check-up keuangan.
 
"Generasi muda harus segera melakukan Financial Fitness Check Up sebagai langkah awal untuk memperbaiki kesehatan finansial mereka, dan jangan asal mengikuti tren keuangan atau ajakan investasi teman yang belum tentu tepat," jelasnya.
 
Adapun saran yang diberikan Ka Jit untuk investor pemula adalah dengan melakukan investasi dari size kecil atau investasi yang berisiko rendah. Setelah itu, jangan lupa untuk mendiversifikasi instrumen investasi, dan menambah size investasi.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif