Meskipun menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan operasional dan budaya kerja dari keempat bank, Bank Mandiri berhasil berkembang menjadi bank ternama di Indonesia dengan komitmen untuk memberikan layanan perbankan modern.
Bank Mandiri terus berinovasi dengan mengembangkan layanan perbankan digital seperti Mandiri Online dan Livin’ by Mandiri, serta layanan perbankan korporasi dan investasi yang inovatif. Melansir dari laman PT Bank Mandiri, yang akan membahas lebih lengkap dan lanjut tentang sejarah dan profil Bank Mandiri. Berikut penjelasan lengkap di bawah ini.
Sejarah dan perjalanan Bank Mandiri
Konsolidasi dan integrasi
Bank Mandiri berhasil membangun organisasi yang solid dan mengimplementasikan sistem perbankan terintegrasi baru.
Sejak didirikan, kinerja Bank Mandiri terus meningkat, dengan laba yang tumbuh dari Rp1,18 triliun pada 2000 menjadi Rp5,3 triliun pada 2004.
Pada 2003, Bank Mandiri melakukan penawaran saham perdana sebesar 20 persen atau setara dengan empat miliar lembar saham.
Program Transformasi Tahap I (2005-2009)
Bank Mandiri punya target besar di 2005, yakni menjadi bank terkemuka di regional. Untuk mencapai tujuan ini, mereka fokus pada empat strategi utama:
1. Membangun budaya kinerja: Semua karyawan fokus pada hasil dan terus berkembang.
2. Menangani kredit macet: Memastikan pinjaman yang diberikan aman dan terkelola dengan baik.
3. Memperluas pasar: Menjangkau lebih banyak pelanggan dengan strategi yang unik untuk setiap kelompok.
4. Bekerja sama: Semua unit bisnis bekerja sama untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.
Program Transformasi Tahap II (2010-2014)
Bank Mandiri terus bertransformasi dengan menetapkan visi baru untuk menjadi lembaga keuangan terkemuka di Indonesia. Mereka menetapkan target keuangan yang ambisius untuk tahun 2014, termasuk mencapai kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia dan masuk dalam jajaran Top 5 Bank di ASEAN.
Untuk tahun 2020, targetnya adalah masuk dalam jajaran Top 3 di ASEAN dan menjadi pemain utama di regional. Untuk mencapai visi ini, Bank Mandiri akan fokus pada tiga area bisnis utama.
Program Transformasi Tahap III (2015-2020)
Bank Mandiri terus bertransformasi untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada nasabah dan meningkatkan kinerja secara lanjutan. Mereka menetapkan visi jangka panjang untuk menjadi bank terbaik di ASEAN pada 2020 dengan fokus pada pelayanan, produk, dan imbal hasil yang unggul.
Bank Mandiri ingin menjadi kebanggaan Indonesia dengan adanya menyediakan layanan dan solusi keuangan terintegrasi yang didukung oleh teknologi, kualitas manusia, dan sinergi bisnis. Mereka menargetkan kapitalisasi pasar USD55 miliar dan Return on Equity 23 persen-27 persen pada 2020, dengan tujuan menjadi ikon perbankan Indonesia di ASEAN.
| Baca juga: Rayakan Semangat HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Pasar Murah di 260 Titik Seluruh Indonesia |
Corporate Plan Restart (2016-2020)
Pada 2016, Bank Mandiri menghadapi tantangan akibat perlambatan ekonomi, termasuk peningkatan kredit macet. Hal ini mendorong mereka untuk kembali fokus pada segmen Corporate Banking, yang merupakan keunggulan utama mereka. Bank Mandiri terus menerapkan strategi yang tepat untuk mencapai target kinerja dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada.
Corporate Plan 2020-2024
Bank Mandiri memiliki tiga tujuan utama dalam strategi Corporate Plan 2020-2024. Berikut tujuannya di bawah ini.
1. Menjadi Wholesale Bank Terdepan (Be the Prominent Wholesale Bank, beyond lending)
Bank Mandiri ingin memperkuat posisinya sebagai bank Wholesale dengan fokus pada layanan beyond lending, seperti Structured Finance and Trade, transaction banking, dan menjadi financial advisor bagi nasabah. Mereka akan memanfaatkan kolaborasi dengan entitas anak dan memperkuat platform digital KOPRA by Mandiri.
2. Mendorong Pertumbuhan Segmen SME & Mikro yang Sehat dan Berkelanjutan (Promote sustainable SME & Micro Growth)
Bank Mandiri ingin mendorong pertumbuhan bisnis SME dan Mikro yang sehat dan berkelanjutan dengan memperkuat tim penjualan, menggunakan data analytics, mempermudah proses bisnis, meningkatkan layanan cabang, membina nasabah, dan memperluas kemitraan dengan Fintech.
3. Menjadi Modern Digital Bank yang Terbaik
Bank Mandiri ingin menjadi bank digital terbaik dengan fokus pada segmen karyawan, meningkatkan penetrasi digital, mengembangkan aplikasi superstore, memperkuat kemitraan dengan e-commerce, dan mempercepat migrasi transaksi ke channel digital. (Muhammad Rizky H).
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id