"Aplikasi yang paling sering diakses yakni media sosial sebesar 82 persen, mobile/digital banking sebesar 33 persen, dan games sebesar 26 persen," ujar Digital Banking Business Product Head BTPN Waasi B. Sumintardja dalam konferensi pers daring, Kamis, 15 April 2021.
Kemudian waktu dalam menggunakan gadget pun berubah. Yakni penggunaan meningkat sebesar 59 persen, penggunaan tetap sama sebesar 38 persen, dan penggunaan menurun sebesar dua persen.
Sementara screen time rata-rata per hari sebanyak 4-6 jam sebesar 42 persen, 1-3 jam sebesar 23 persen, 7-10 jam sebesar 20 persen. Lalu, durasi melihat layar lebih dari 10 jam sebesar 12 persen, dan kurang dari 1 jam sebesar tiga persen.
Lebih detail, Waasi menuturkan bahwa pengguna mobile banking selama pandemi naik menjadi 83 persen dibandingkan awal pandemi yang berada di posisi 71 persen.
"Ada kenaikan sebesar 12 persen. Selain itu terjadi pergeseran transaksi, fitur yang sering digunakan dari uang tunai menjadi top up dan transfer," papar dia.
Survei tersebut dilakukan oleh Jenius terhadap 567 responden dengan digital savvy (konsumen yang hidup dalam dunia digital) berusia 24-40 tahun.
Jajak pendapat tersebut juga mengungkap saat awal pandemi, pengguna Automated Teller Machine (ATM) sebesar 45 persen. Namun selama pandemi turun menjadi 25 persen. Kemudian pengguna internet banking naik dari 32 persen menjadi 34 persen di selama pandemi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News