Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Kuartal I, Danamon Catat Laba Bersih Melesat 65% Jadi Rp860 Miliar

Ekonomi Perbankan bank danamon Danamon
Angga Bratadharma • 29 April 2022 08:44
Jakarta: PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mencatat laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp860 miliar atau meningkat sebanyak 65 persen secara tahun ke tahun (yoy), sementara laba operasional tumbuh sebesar 49 persen secara yoy. Pertumbuhan dapat terjadi seiring dengan kian terkendalinya covid-19.
 
"Kinerja positif Danamon di kuartal I-2022 didukung oleh peningkatan sinergi dan kolaborasi antara Adira Finance dan MUFG, serta peningkatan kapabilitas dan kemitraan digital yang kami lakukan secara berkelanjutan,” kata Presiden Direktur Bank Danamon Indonesia Yasushi Itagaki, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 April 2022.
 
Danamon terus bertumbuh di tengah pembatasan sosial (PPKM) akibat munculnya varian Omicron pada kuartal pertama tahun ini. Dengan menerapkan strategi pemilihan kredit yang berhati-hati, kredit pada segmen Enterprise Banking (EB) Danamon mencapai Rp61 triliun atau meningkat 10 persen yoy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yasushi menjelaskan pertumbuhan ini didukung kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG dan fokusnya pada nasabah blue-chip dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada periode yang sama dan seiring dengan pulihnya sektor pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance, anak perusahaan Danamon, mengalami peningkatan pada pembiayaan baru.
 
"Sebesar 33 persen dibandingkan dengan kuartal pertama tahun lalu," tuturnya.
 
Selain itu, di kuartal pertama tahun ini Danamon mampu meningkatkan giro dan tabungan (CASA) sebesar 12 persen dengan rasio CASA mencapai 60,5 persen atau naik dari posisi 54,7 persen yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.
 
Indikator keuangan itu berkontribusi pada profitabilitas Danamon yang ditandai dengan tren quarterly yang stabil dari Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9 persen. Sementara laba operasional tumbuh 49 persen yoy. Pada akhir kuartal I, laba bersih setelah pajak mencapai Rp860 miliar naik 65 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya.
 
"Kinerja dan pertumbuhan positif Danamon adalah hasil dari upaya berkelanjutan dan tanpa henti untuk mewujudkan brand promise Danamon," tutup Yasushi Itagaki.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif