Ilustrasi kejahatan perbankan - - Foto: Grafis Medcom/ M Rizal
Ilustrasi kejahatan perbankan - - Foto: Grafis Medcom/ M Rizal

Cegah Pembobolan Dana, Ini yang Harus Diperhatikan Nasabah dan Perbankan

Ekonomi Perbankan kasus penggelapan kasus pembobolan dana Maybank Indonesia
Annisa ayu artanti • 13 November 2020 17:32
Jakarta: Kasus pembobolan dana nasabah PT Bank Maybank Indonesia Tbk sebesar Rp22 miliar menjadi preseden buruk dalam industri perbankan Tanah Air. Namun kasus penggelapan tersebut harus menjadi perhatian nasabah hingga perbankan agar lebih meningkatkan kesadaran dan sistem keamanan.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengungkap beberapa tips untuk mencegahfraudatau kejahatan perbankan. Pertama, nasabah harus lebih memahami prosedur penyimpanan dana di suatu bank sebelum melakukan pembukaaan rekening.
 
"Nasabah bank hendaknya paham mengenai bisnis bank Dan juga prosedur di bank. Jadi bisa menghindari kejadian-kejadian yang bisa merugikan dirinya," kata Piter kepadaMedcom.id, Jumat, 13 November 2020.
 
Dengan memahami seluk beluk bisnis bank, akan membuat nasabah lebih peka dan lebih mudah mendeteksi jika terjadi hal-hal yang mencurigakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, nasabah harus cepat tanggap dalam melaporkan suatu hal yang dianggap mencurigakan atau tidak sesuai prosedur perbankan ke pihak berwenang. Mulai dari kantor pusat bank hingga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
"Kalau ada yang mencurigakan, melanggar prosedur bank, nasabah harus berani untuk segera melaporkan pada jalur yang tepat, misal ke kantor pusat bank, ke OJK," terang dia.
 
Kemudian dari sisi perbankan, Piter menyarankan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), serta memperkuat standar operasional prosedur (SOP) dalam menjalankan kegiatan bisnis.

 
"Untuk perbankannya harus meningkatkan kualitas SDM serta memperkuat SOP yang berlapis agar bisa mencegah terjadinya praktek pembobolan seperti ini," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif