Alibaba. Foto : AFP.
Alibaba. Foto : AFP.

Alibaba Raup Rp429 Triliun di Hari Jomblo

Ekonomi alibaba
Nia Deviyana • 11 November 2019 21:47
Beijing: Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba, mencetak rekor penjualan senilai 213,5 miliar yuan atau setara Rp429 triliun pada sore hari waktu setempat perayaan Singles Day 11.11. Angka tersebut dipastikan terus meningkat hingga berakhirnya hari.
 
Dilansir CNBC International, Senin, 11 November 2019, Alibaba menawarkan diskon besar di seluruh situs e-commerce miliknya seperti Tmall, yang dimulai pada tengah malam 11.11 waktu Singapura dan Hong Kong.
 
Adapun Singles Day menjadi perayaan untuk orang-orang yang tidak memiliki pasangan alias jomblo. 11 November dipilih karena 11.11 memuat banyak angka satu yang berarti jomblo. Alibaba mulai menawarkan diskon hari jomblo ini sejak 2009, yang membuat hari tersebut populer menjadi hari belanja nasional di Tiongkok.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penawaran tidak hanya di Tiongkok. Anak perusahaan Alibaba di Asia Tenggara, Lazada, juga menawarkan potongan harga Singles Day di Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Namun, Singles Day di Tiongkok sejauh ini yang paling heboh.
 
Beberapa produk laris manis termasuk versi 5G dari ponsel Huawei Mate 30 Pro, serta iPhone 11 Pro dan Pro Max besutan Apple. Di tengah perang dagang antara AS dan Tiongkok yang sedang berlangsung, sempat ada kekhawatiran brand asal negeri Paman Sam terkena imbasnya. Nyatanya, kekhawatiran itu tidak terjadi.
 
Jacob Cooke selaku CEO WPIC, e-commerce yang membantu memasarkan produk asing di Tiongkok mengatakan, perhiasan dan pakaian jadi masih menjadi produk paling populer dari pengecer AS.
 
"Tidak ada penurunan untuk penjualan produk-produk tersebut," ujar Cooke.
 
Pada tahun lalu, penjualan Alibaba saat Singles Day melampaui penjualan pesta belanja apapun di AS, termasuk Black Friday dan Cyber Monday.
 
Untuk mendongkrak penjualan, Alibaba tidak hanya memperluas produk yang diberikan diskon, tetapi juga mengembangkan fitur live streaming. Sebagai contoh, artis Kim Kardashian mengumumkan produk parfumnya di Tmall melalui layanan streaming.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif