Ilustrasi. FOTO: AFP.
Ilustrasi. FOTO: AFP.

Pertemuan AS-Tiongkok Sukses

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang
Ade Hapsari Lestarini • 12 Oktober 2019 17:16
Washington: Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) mencapai kemajuan besar di berbagai bidang setelah mengadakan putaran baru konsultasi ekonomi dan perdagangan tingkat tinggi pada Kamis dan Jumat waktu setempat di Washington.
 
Melansir Xinhua, Sabtu, 12 Oktober 2019, konsensus ini penting dicapai antara kepala negara kedua negara. Kedua tim negosiasi telah melakukan diskusi yang jujur, efisien, dan konstruktif tentang masalah ekonomi dan perdagangan yang menjadi perhatian bersama.
 
Kedua belah pihak pun mencapai kemajuan substansial di beberapa bidang-bidang termasuk pertanian, perlindungan hak kekayaan intelektual, nilai tukar, jasa keuangan, perluasan kerja sama perdagangan, alih teknologi dan penyelesaian sengketa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, AS dan Tiongkok juga membahas pengaturan pertemuan masalah dagang di masa depan, dan sepakat untuk melakukan upaya bersama sehingga akhirnya mencapai kesepakatan.
 
Delegasi Tiongkok dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He, yang juga anggota Biro Politik Partai Komunis Komite Sentral Tiongkok dan ketua pihak Tiongkok untuk Tiongkok-AS.
 
Dialog ekonomi yang berlangsung komprehensif ini juga dihadiri tim AS yang dipimpin oleh Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.
 
Turut berpartisipasi dalam negosiasi ini adalah Menteri Perdagangan Tiongkok Zhong Shan, Gubernur Bank Rakyat Tiongkok Yi Gang, Wakil Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Ning Jizhe, Wakil Direktur Kantor Komisi Pusat untuk Urusan Keuangan dan Ekonomi dan Wakil Menteri Keuangan Liao Min.
 
Kemudian dihadiri pula oleh Wakil Menteri Luar Negeri Zheng Zeguang, Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi Wang Zhijun, Wakil Direktur Kantor Kelompok Kerja Utama Pertanian Pusat, dan Wakil Menteri Pertanian Urusan Pedesaan Han Jun, dan Wakil Menteri Perdagangan dan Wakil Perwakilan Perdagangan Internasional Tiongkok Wang Shouwen.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif