Presiden Tiongkok Xi Jinping. Dok; AFP.
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Dok; AFP.

Xi Jinping Lebih Berkuasa Ketimbang Donald Trump

Ekonomi china daftar forbes
17 Desember 2018 20:57
Jakarta: Presiden Tiongkok Xi Jinping lebih berkuasa ketimbang Donald Trump. Pemimpin negeri Tirai Bambu itu menduduki peringkat pertama untuk pemimpin paling kuat versi Majalah Forbes. Diikuti oleh Vladimir Putin, Donald Trump dan Angela Merkel.

Xi Jinping merupakan pemimpin negara berpopulasi terbesar di dunia dan negara kedua dari sisi PDB. Jinping juga dikenal mempopulerkan Chinese Dream sebagai bagian dari identitas Tiongkok.

Jinping juga semakin berkuasa setelah parlemen Tiongkok melakukan amandemen konstitusi yang memberikan Jinping peluang untuk lebih lama berkuasa karena tak ada limit waktu berkuasa bagi presiden. Dia diperkirakan bisa berkuasa lama setelah Mao Zedong yang meninggal 40 tahun lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Padahal pembatasan dua periode kepemimpinan dalam konstitusi china berlaku pada 1982 oleh Deng Xiaoping yang dikenal sebagai sosok penting dalam revolusi kebudayaan yang mampu mendorong perekonomian negara itu. Xi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok dan kepala pimpinan militer tertinggi dianggap bisa memberikan kestabilan politik dan ekonomi bagi negeri yang sedang berseteru dengan Amerika Serikat (AS) itu.

Vladimir Putin yang memiliki pengaruh kuat di Russia 'diturunkan' peringkatnya oleh Xi Jinping. Putin menjadi orang paling kuat selama empat tahun yakni 2013 hingga 2017. Putin juga sulit tergantikan sebagai Presiden Russia. Namun perekonomian Russia tidak sebesar Tiongkok.  

Sementara itu Donald Trump tidak memiliki kekuasaan seperti Xi Jinping. Meskipun dikenal sebagai pemimpin dari negara aidaya dengan PDB terbesar di dunia Trump hanya memiliki waktu jabatan maksimal sebanyak dua periode saja.

 


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi