Illustrasi. Foto ; AFP.
Illustrasi. Foto ; AFP.

PDB AS Diprediksi Melambat Jadi 1,8%

Ekonomi amerika serikat pertumbuhan ekonomi PPDB 2018
Nia Deviyana • 10 Desember 2019 16:55
Washington: Survei Asosiasi Nasional untuk Ekonom Bisnis (NABE) mengantisipasi perlambatan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) AS menjadi 1,8 persen pada 2020. Meski demikian, NABE percaya di sisi lain ekonomi AS bisa mengalami pertumbuhan yang positif.

"Panelis NABE Outlook Survey percaya bahwa ekonomi AS akan terus berkembang pada 2020, tetapi mereka mengantisipasi bahwa pertumbuhan PDB yang disesuaikan dengan inflasi akan melambat dari 2,9 persen pada 2018 menjadi 2,3 persen tahun ini, dan 1,8 persen pada 2020," kata Presiden NABE, Constance Hunter seperti dilansir dari Xinhua, Selasa, 10 Desember 2019.
 
"Perkiraan konsensus memprediksi ada peningkatan dalam sektor perumahan, tetapi pertumbuhan lebih lambat dalam investasi bisnis dan belanja konsumen, bersama dengan defisit yang lebih besar pada perdagangan dan anggaran federal," lanjut Hunter.
 
Pertumbuhan ekonomi AS tumbuh secara tahunan atau year on year (yoy) berada di angka 2,1 persen pada kuartal ketiga tahun ini, naik tipis dari 2 persen pada kuartal kedua, dan menandai perlambatan tajam dari 3,1 persen pada kuartal pertama, menurut data Departemen Perdagangan AS.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Federal Reserve Bank of Dallas Robert Kaplan memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS akan lemah pada kuartal keempat tahun ini karena ketidakpastian perdagangan.
 
Survei NABE yang diikuti 53 ekonom menunjukkan bahwa tidak ada yang memperkirakan resesi pada 2020.
 
"Panel terbagi mengenai kapan resesi berikutnya akan dimulai," tambah Ketua Survei Eugenio Aleman, ekonom di Wells Fargo Bank.
 
Sementara itu, ekonom menempatkan peluang resesi 21 persen pada paruh pertama 2020 dan 43 persen pada akhir tahun. Kebijakan perdagangan terus menjadi risiko penurunan untuk ekonomi AS hingga 2020.
 
Harga konsumen diperkirakan meningkat 1,8 persen pada 2019 dan 2 persen pada 2020, lebih rendah dari pada 2018. Dalam survei juga terlihat bahwa ekonom mengharapkan Federal Reserve AS untuk mempertahankan suku bunga pada 2020.

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif