Ilustrasi ekonomi Singapura. FOTO: AFP.
Ilustrasi ekonomi Singapura. FOTO: AFP.

Resesi Ekonomi Singapura Untungkan Indonesia

Ekonomi ekonomi singapura ekonomi indonesia
Desi Angriani • 29 Agustus 2019 14:07
Jakarta: Singapura akhirnya mengalami resesi ekonomi akibat perang dagang antara Amerika Setrikat (AS) dan Tiongkok. Pelemahan ekonomi Singapura terjadi lantaran secara geopolitik AS dan Tiongkok dekat dengan negara Singa itu.
 
Senior Economist Asia dan ASEAN Edward Economist menilai resesi ekonomi Singapura akan menguntungkan Indonesia. Hal itu terbukti dari dana asing yang mengalir deras hingga mencapai Rp177 triliun pada pekan lalu.
 
"Jadi tak perlu khawatir atas perlambatan pertumbuhan Singapura terhadap aliran modal," ujarnya kepada Medcom.id di Kantor UBS, Wisma GKBI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, dampak pelemahan ekonomi Singapura hanya membayangi sentimen investasi di kawasan Asia Tenggara. Sebaliknya, sentimen tersebut justru menguntungkan pasar keuangan Indonesia karena Singapura membutuhkan tempat untuk berinvestasi guna menggenjot ekonominya.
 
"Dan percaya lah investasi di kawasan yang melambat justru menunjukkan sentimen positif ke Indonesia yang mencerminkan aliran modal masuk," terangnya.
 
Namun demikian, Edward berharap pemerintah tetap mengantisipasi berbagai dampak dari krisis ekonomi global terhadap negara-negara di kawasan ASEAN. Misalnya, meramu kebijakan terkait rantai pasok guna mengambil untung dari eskalasi perang dagang.
 
"Kami berharap kebijakan rantai pasok (supply chain) bisa menstabilkan dampak-dampak yang ditimbulkan terhadap ekonomi Indoensia," pungkas dia.
 
Bank Indonesia (BI) sebelumnya mencatat aliran dana asing yang masuk ke Indonesia secara year to date (ytd) hingga 23 Agustus 2019 mencapai Rp177 triliun. Dana tersebut masuk melalui berbagai instrumen pasar keuangan yakni, Surat Berharga Negara (SBN) Rp114,9 triliun dan saham sebanyak Rp63,1 triliun.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif