Kilang Saudi Aramco. Foto : AFP.
Kilang Saudi Aramco. Foto : AFP.

Saudi Aramco Jual 450 Juta Saham Tambahan

Ekonomi ipo saudi aramco
Nia Deviyana • 13 Januari 2020 13:00
Riyadh: Perusahaan raksasa minyak Saudi Aramco menggunakan opsi greenshoe untuk menjual 450 juta saham tambahan. Sehingga meningkatkan nilai penawaran umum perdana ke angka USD29,4 miliar.
 
Adapun pada Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum perdana pada Desember 2019, Aramco berhasil mengumpulkan dana segar senilai USD25,6 miliar dengan menjual tiga miliar saham dengan harga 32 riyal atau USD8,53 per saham.
 
Melansir CNBC International, Senin, 13 Januari 2020, opsi greenshoe memungkinkan perusahaan untuk menerbitkan lebih banyak saham dalam IPO ketika ada permintaan yang lebih besar pada penawaran awal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aramco mengatakan tidak ada saham tambahan yang ditawarkan ke pasar hari ini, dan manajer stabilisasi tidak akan memegang saham setelah opsi greenshoe.
 
Saham Aramco mengalami gejolak akhir-akhir ini dipicu kekhawatiran geopolitik ketika ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran sempat memanas.
 
Saham Aramco jatuh ke harga 34 riyal per saham pada 8 Januari 2020, terendah sejak saham mulai diperdagangkan pada 11 Desember 2019, dan ditutup pada harga 35 riyal per saham pada Kamis, 9 Januari 2020.
 
Harga penutupan Kamis membuat perusahaan tersebut bernilai USD1,87 triliun, berada di atas valuasi ketika IPO di angka USD1,7 triliun.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif