Presiden Joko Widodo bertemu dengan Menteri Energi, Industri, dan Sumber Daya Mineral Kerajaan Arab Saudi Khalid Al-Falih. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Menteri Energi, Industri, dan Sumber Daya Mineral Kerajaan Arab Saudi Khalid Al-Falih. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jajaki Kerja Sama Energi dengan Arab Saudi

Ekonomi indonesia-arab saudi
Dheri Agriesta • 15 April 2019 07:26
Riyadh: Presiden Joko Widodo membahas kerja sama dalam bidang energi dengan Menteri Energi, Industri, dan Sumber Daya Mineral Kerajaan Arab Saudi Khalid Al-Falih. Pertemuan digelar di sela kunjungan Presiden ke Riyadh, Arab Saudi.
 
Pertemuan antara Presiden dan Menteri Khalid Al-Falih digelar di Royal Guest House, Riyadh, pada Minggu, 14 April 2019. Dalam pertemuan itu, Presiden didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.
 
Retno mengatakan Menteri Khalid mengapresiasi kebijakan reformasi di sektor perizinan yang diambil Presiden Jokowi. Kebijakan itu mempermudah perusahaan Saudi menjalin kerja sama bisnis dengan perusahaan di Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satu isu lain yang dibahas adalah kemungkinan kerja sama antara Aramco dan Pertamina untuk Kilang Cilacap," kata Retno usai pertemuan.
 
Retno menyebut pertemuan itu juga membahas masalah valuasi aset. Presiden ingin masalah antara Indonesia dan Arab Saudi ini segera diselesaikan.
 
"Sekembalinya Presiden ke Indonesia, Presiden akan melakukan pertemuan dengan beberapa menteri untuk menyelesaikan masalah ini," kata Retno.
 
Arab Saudi juga menyampaikan ketertarikan menjalin kerja sama di sektor kilang minyak. Selain itu, negara pimpinan Raja Salman itu juga ingin menjalin kerja sama di bidang industri petrokimia.
 
"Menurut rencana akan ada kunjungan dari Saudi untuk ke Indonesia guna membahas rencana peningkatan kerja sama baik di bidang energi yang terkait di bidang minyak dan juga industri Petrokimia," jelas Retno.
 
Presiden tak cuma didampingi Retno dalam pertemuan itu. Turut hadir Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.
 

(SCI)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif