Ilustrasi. FOTO: AFP.
Ilustrasi. FOTO: AFP.

Moodys: Sistem Perbankan Tiongkok Stabil

Ekonomi ekonomi china moodys
Ade Hapsari Lestarini • 11 Oktober 2019 14:42
Beijing: Lembaga pemeringkat kredit global Moody's telah mempertahankan prospek stabil untuk sistem perbankan Tiongkok.
 
Peringkat ini disematkan melihat dari likuiditas yang stabil dan kapitalisasi yang memadai. Demikian dilansir dari Xinhua, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Kebijakan pemerintah yang akomodatif akan mendukung kualitas aset bank-bank Tiongkok selama 12 hingga 18 bulan ke depan. Sementara modal dan likuiditas mereka akan tetap memadai.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil presiden dan analis senior Moody's, Yulia Wan dalam laporannya menambahkan bahwa kinerja aset bank juga akan mendapat manfaat dari peminjam BUMN yang sebagian besar kapasitas pembayaran utangnya stabil. Kemudian adanya perbankan yang mempercepat pelepasan kredit bermasalah.
 
Tiongkok telah berjanji untuk mempertahankan kebijakan moneternya yang berhati-hati dan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar, sambil mempertahankan likuiditas pasar pada tingkat yang cukup memadai di 2019.
 
Bank sentral negara itu bulan lalu mengumumkan pengurangan dalam rasio persyaratan cadangan (RRR) untuk lembaga keuangan dan pemangkasan target RRR, yang akan melepaskan sekitar 900 miliar yuan (sekitar USD127 miliar) dari total modal jangka panjang.
 
Langkah tersebut dapat meningkatkan sumber dana bagi lembaga keuangan untuk mendukung ekonomi riil dan mengurangi biaya modal tahunan bank sekitar 15 miliar yuan, menurut bank sentral.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif