Ilustrasi. FOTO: AFP.
Ilustrasi. FOTO: AFP.

Bursa Asia Tergelincir Jelang Pengumuman The Fed

Ekonomi the fed bursa saham asia
Nia Deviyana • 30 Oktober 2019 12:57
Hong Kong: Pasar saham di Asia tergelincir jelang pengumuman suku bunga bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed). Kendati demikian, investor tampaknya sudah memperhitungkan penurunan tersebut.
 
Dilansir dari Business Times, Rabu, 30 Oktober 2019, indeks saham di beberapa negara Asia melemah di pembukaan perdagangan. Bursa saham Hong Kong dan Shanghai masing-masing turun 0,3 persen. Sedangkan Sydney turun 0,7 persen, dan Tokyo turun menjadi 0,4 persen.
 
Begitu juga dengan Seoul, Taipei, Jakarta, dan Manila tercatat melemah. Sementara Singapura dan Wellington mengalami penguatan meski tipis.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelemahan bursa saham sudah terlihat dari penutupan perdagangan Rabu, 29 Oktober 2019. Sementara dlansir CNBC International, indeks Nikkei 225 di Jepang tergelincir 0,41 persen sementara indeks Topix hanya mencatat kenaikan tipis.
 
Adapunpenjualan ritel Jepang pada September naik 9,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Angka tersebut di atas perkiraan yang diprediksi dari jajak pendapat Reuters. Lonjakan penjualan ritel terjadi menjelang kenaikan pajak yang mulai berlaku pada 1 Oktober 2019.
 
Begitu juga dengan indeks Kospi Korea Selatan yang turun 0,72 persen seiring saham Samsung Electronics yang turun lebih dari satu persen menjelang rilisan laporan keuangan perusahaan tersebut.
 
Bursa saham China Daratan turun dengan komposit Shanghai tergelincir 0,44 persen. Komposit Shenzhen juga turun 0,952 persen. Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,26 persen. Secara keseluruhan, indeks MSCI untuk saham Asia di luar Jepang turun 0,37 persen.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif