Ilustrasi. Foto : AFP.
Ilustrasi. Foto : AFP.

India Mengundurkan Diri dari Kesepakatan RCEP

Ekonomi RCEP
Nia Deviyana • 05 November 2019 15:39
Bangkok: India memutuskan tidak bergabung dalam perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Hal itu dikatakan pejabat Kementerian Luar Negeri India Vijay Thakur Singh.
 
Perundingan RCEP merupakan perdagangan bebas terbesar yang melibatkan 16 negara (10 negara ASEAN, Tiongkok, Korea, Jepang, Australia, Selandia Baru, dan India).
 
"Ini mencerminkan penilaian kami terhadap situasi global saat ini, juga mencakup keadilan dan keseimbangan perjanjian," kata Singh seperti dilansir CNBC International, Selasa, 5 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"India memiliki masalah signifikan dengan keinginan inti yang masih belum bisa disepakati," kata dia.
 
Singh melanjutkan, dalam keadaan tertentu, tidak bergabungnya India dengan perjanjian tersebut adalah keputusan yang tepat.
 
"Namun, kami akan terus bertahan dan memperkuat perdagangan, investasi, dan hubungan orang-ke-orang dengan wilayah ini," ungkapnya.
 
Analis di konsultan politik Eurasia Group menulis catatan dalam Monday note, mengatakan bahwa India menghadapi kondisi ekonomi yang menantang dengan pertumbuhan yang melambat. Kondisi ini memberikan India kesulitan dalam menciptakan lapangan kerja yang memadai.
 
Merugikan India
 
Direktur India and South East Asia for macro and investor services di Oxford Economics, Priyanka Kishore, mengatakan menjadi bagian dari RCEP membantu India terintergrasi lebih baik ke dalam rantai pasokan global.
 
Dia menambahkan di bawah RCEP, akses pasar, terutama untuk berbagai layanan dan peraturan akan lebih ringan dibandingkan di bawah perjanjian dagang Trans-Pasifik.
 
"Ini bisa membatasi manfaat ekonomi dari kesepakatan, terutama dalam jangka pendek. Tidak adanya India juga akan melemahkan keuntungan RCEP," ungkap Kishore.
 
Di samping itu, akan ada dampak yang cukup besar dalam jangka menengah karena hambatan akses pasar secara bertahap berkurang.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif