Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Uber Akuisisi Taksi Daring Careem USD3,1 Miliar

Ekonomi uber taksi online
Annisa ayu artanti • 26 Maret 2019 21:10
Jakarta: Uber Technologies Inc, perusahaan jasa pemesanan kendaraan secara online, secara resmi mengakuisisi pesaingnya di Timur Tengah, Careem. Total dana yang dirogoh dalam akuisisi tersebut sebesar USD3,1 miliar atau setara Rp43,4 triliun (kurs Rp14.000 per USD).
 
Dilansir dari situs resmi Uber.com, Selasa, 26 Maret 2019 akuisisi ditargetkan akan selesai pada kuartal I-2020. Pihak Uber akan membayarkan sebanyak USD1,4 miliar dalam bentuk tunai dan sebesar USD1,7 miliar dalam bentuk obligasi convertible dalam perjanjian yang memberikan kepemilikan penuh atas Careem.
 
Dengan mengakuisisi Careem, Uber akan memperoleh semua mobilitas, pengiriman, dan bisnis pembayaran Careem di wilayah Timur Tengah mulai dari Maroko hingga Pakistan, dengan pasar utama termasuk Mesir, Yordania, Pakistan, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Setelah diakuisisi oleh Uber, Careem akan menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Uber.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CEO Uber Dara Khosrowshahi mengatakan akuisisi ini adalah momen penting bagi Uber untuk terus memperluas kekuatan platform di seluruh dunia.
 
"Bekerja sama dengan para pendiri Careem, saya yakin kami akan memberikan hasil yang luar biasa untuk pengendara, pengemudi, dan kota, di bagian dunia yang bergerak cepat ini," kata Dara Khosrowshahi.
 
Sementara itu, CEO dan pendiri Careem, Mudassir Sheikha mengungkapkan dengan bergabung dengan Uber akan membantu mencapai tujuan perusahaan untuk menyederhanakan dan meningkatkan kehidupan orang-orang.
 
"Kami tidak mungkin menemukan mitra yang lebih baik daripada Uber di bawah kepemimpinan Dara untuk mewujudkan peluang ini. Ini adalah momen penting bagi kami dan kawasan, dan akan berfungsi sebagai katalis bagi ekosistem teknologi kawasan dengan meningkatkan ketersediaan sumber daya untuk pengusaha pemula dari investor lokal dan global,” kata Mudassir Sheikha.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif