Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (FOTO: AFP)
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (FOTO: AFP)

IMF: Penundaan Brexit Hindari Hasil Tanpa Kesepakatan

Ekonomi imf brexit
12 April 2019 11:02
Washington: Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) menyebutkan penundaan enam bulan keluarnya Inggris dari Uni Eropa menghindari hasil mengerikan dari Brexit tanpa kesepakatan. Jika yang terjadi tanpa kesepakatan bukan tidak mungkin bisa menekan ekonomi global yang sedang melambat.
 
Akan tetapi, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan, kondisi itu tidak memberikan apapun untuk memberikan kepastian terkait Brexit. Selain itu, ia mengatakan, pengaturan yang baru saja tercapai tidak akan menyelesaikan masalah antara Inggris dan Uni Eropa.
 
Pada Kamis pagi, para pemimpin Uni Eropa memberi Inggris enam bulan lagi untuk menyelesaikan keluar dari blok 28-anggota, tetapi penangguhan itu tidak memberikan kejelasan tentang kapan, bagaimana, atau bahkan apakah Brexit akan terjadi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setidaknya Inggris tidak akan pergi pada 12 April tanpa kesepakatan. Ini memberi waktu untuk pembicaraan lanjutan antara berbagai pihak yang terlibat di Inggris," kata Lagarde, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 12 April 2019.
 
"Mungkin memberi waktu bagi agen-agen ekonomi untuk lebih mempersiapkan semua opsi, terutama industrialis dan pekerja, guna mencoba mengamankan masa depan mereka. Brexit tanpa kesepakatan akan menjadi hasil yang mengerikan," tambahnya.
 
Sementara itu dampak tidak langsung dari kisah Brexit beriak di seluruh dunia sampai batas tertentu. Tiga tahun sejak referendum Juni 2016 untuk meninggalkan Uni Eropa telah sangat membebani Inggris.
 
Gubernur Bank of England (bank sentral Inggris) Mark Carney mengatakan ketidakpastian yang dihadapi bisnis Inggris telah menembus atap. Hal karena Brexit merugikan investasi dan menimbulkan tantangan jangka panjang untuk produktivitas ekonomi.
 
Meskipun pasar tenaga kerja sangat ketat, bisnis telah menahan investasi sejak referendum. Carney mengatakan bahwa sementara risiko-risiko Brexit tanpa kesepakatan telah diturunkan, masih harus dilihat seberapa baik waktu tambahan digunakan.
 
"Ini memberikan jendela waktu bagi proses politik, khususnya di Inggris, untuk menempa konsensus di dalam Dewan Perwakilan Rakyat tentang bentuk perjanjian. Kami akan melihat bagaimana waktu itu digunakan," pungkas Carney.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif