Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. FOTO: AFP.
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. FOTO: AFP.

AS Bakal Terapkan Tarif Impor Baja dari Brasil dan Argentina

Ekonomi ekonomi amerika brasil argentina
Nia Deviyana • 03 Desember 2019 15:23
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memicu ketegangan perdagangan baru dengan Brasil dan Argentina. Dia mengatakan akan menetapkan bea impor terhadap produk baja dan alumunium dari kedua negara tersebut.
 
Trump mengatakan hal tersebut sebagai 'hukuman' akibat devaluasi atau penurunan nilai mata uang dua negara tersebut yang merugikan petani AS.
 
"Brasil dan Argentina telah memimpin devaluasi besar-besaran mata uang mereka, yang tidak baik bagi petani kita. Oleh karena itu, ini akan segera efektif, saya akan mengembalikan tarif pada semua Baja & Aluminium yang dikirimkan ke AS dari negara-negara tersebut," ujar Trump melalui cuitannya di Twitter, seperti dilansir CNBC International, Selasa, 3 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trump juga mendesak bank sentral AS Federal Reserve atau The Fed untuk mencegah negara-negara tersebut mendapatkan keuntungan ekonomi dengan cara mendevaluasi mata uang.
 
"Federal Reserve juga harus bertindak sehingga negara-negara, yang jumlahnya banyak, tidak lagi mengambil keuntungan dari dolar kita yang menguat," lanjut Trump.
 
"Turunkan Suku Bunga & Longgarkan, Fed!," katanya.
 
Adapun Trump telah berulang kali mendesak The Fed untuk menurunkan suku bunga di bawah nol, dengan alasan bahwa suku bunga negatif di Eropa dan di tempat lain memberikan keunggulan kompetitif bagi negara-negara tersebut.
 
Namun, para pembuat kebijakan Fed enggan untuk mengambil langkah kebijakan yang tidak 'lazim' diterapkan oleh bank sentral global lainnya. Komite pembuat kebijakan bank sentral AS akan mengadakan pertemuan berikutnya pada 10-11 Desember untuk membahas suku bunga.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif