Indeks Kepercayaan Bisnis Brasil Capai Level Terendah

03 Juni 2018 16:00 WIB
Brazil
Indeks Kepercayaan Bisnis Brasil Capai Level Terendah
Brazil. Dok: AFP.
Rio De Janiero: Indeks kepercayaan bisnis Brasil (BCI) merosot pada Mei ke level terendah sejak November 2017. BCI terseret oleh lambatnya pemulihan ekonomi Brasil.

Laporan oleh Yayasan Getulio Vargas Brasil (FGV), sebuah think tank kebijakan, menunjukkan BCI menurun 0,6 pada Mei untuk menetap di 92,8 poin, level terendah sejak November 2017 yang mencapai 92,1 poin.

"Setelah tetap stabil pada awal tahun, kepercayaan bisnis ditarik kembali untuk bulan kedua berturut-turut, dipengaruhi oleh ketidakpuasan dengan lambatnya ekonomi, ketidakpastian politik dan pandangan eksternal yang lebih buruk," kata FGV dikutip dari Xinhua, Minggu, 3 Juni 2018.

Indeks bisa merosot cukup di bulan Juni, karena survei ini dilakukan sebelum pemogokan besar-besaran yang dilakukan oleh tentara nasional telah melumpuhkan Brasil selama lebih dari seminggu mulai 21 Mei, yang menyebabkan kerugian ekonomi bagi banyak bisnis.

Kepercayaan paling terkikis terjadi pada sektor penjualan (-4,1 poin) dan jasa (-2,4 poin), sementara BCI tetap stabil di sektor industri dan konstruksi. Brasil pulih dari resesi terburuknya pada  2015 dan 2016, dengan kejatuhan PDB sebesar 7 persen.

Kemudian pada 2017, ekonomi Brasil membaik dengan tumbuh satu persen, dan perkiraan tahun ini menyerukan pertumbuhan tiga persen, tetapi tingkat pengangguran yang tinggi dan pengeluaran domestik yang lebih rendah telah membatasi ekspansi sehingga prediksi terhadap pertumbuhan ekonomi brasil terbaru sebesar 2,37 persen.

"Pengangguran berada di 12,9 persen untuk periode tiga bulan dari Februari hingga April, yang berarti 13,4 juta orang tidak bekerja," ujar lembaga statistik negara IBGE.




 

(SAW)