Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Boeing Capai Kemajuan Sertifikasi Penerbangan

Ekonomi boeing
18 April 2019 13:42
Washington: Boeing Co membuat kemajuan kuat dalam langkahnya menuju sertifikasi pembaruan perangkat lunak pada Boeing 737 MAX dan melalukan uji penerbangan terakhir sebelum sertifikasi.
 
"Kami membuat progres kuat menuju sertifikasi," kata CEO Boeing Dennis Muilenburg dalam satu video yang beredar di Twitter, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 18 April 2019.
 
"Kemarin kami merampungkan uji penerbangan mesin dengan perangkat yang diperbarui secara resmi, dan ada para pimpinan teknik kami di dalam pesawat. Itu merupakan uji penerbangan terakhir sebelum sertifikasi."
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Boeing sedang melakukan pembaruan perangkat lunak yang mengendalikan sistem anti-stall, yang dikaitkan dengan peristiwa nahas jatuhnya pesawat Boeing di Indonesia dan di Ethiopia. Boeing 737 MAX masih dikandangkan di seluruh dunia sambil menunggu persetujuan para badan pengawas untuk kembali dioperasikan.
 
Pada 18 Maret 2019 lalu, Boeing mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelesaikan pembaruan perangkat lunak dan revisi pelatihan pilot terkait dengan MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System) di pesawat 737 Max. Hal ini menyusul dua kecelakaan udara mematikan dalam waktu kurang dari lima bulan.
 
"Boeing sedang menyelesaikan pengembangan pembaruan perangkat lunak yang telah diumumkan sebelumnya dan revisi pelatihan pilot yang akan membahas perilaku hukum kontrol
penerbangan MCAS dalam menanggapi masukan sensor yang salah," kata Presiden dan CEO Boeing Dennis Muilenburg, dalam sebuah pernyataannya, seperti dikutip dari Antara, Senin, 18 Maret 2019.
 
Pengumuman Muilenburg datang setelah Menteri Transportasi Ethiopia Dagmawit Moges mengatakan pada Minggu pagi, 17 Maret, bahwa informasi dari perekam data penerbangan pesawat Ethiopian Airlines menunjukkan kecelakaan 10 Maret yang menewaskan semua 157 orang di dalamnya memiliki kesamaan yang jelas dengan kecelakaan Lion Air di Indonesia pada Oktober yang menewaskan 189 orang di dalamnya.
 
Kedua pesawat yang hancur adalah 737 Max 8. MCAS adalah fitur keselamatan otomatis pada 737 Max yang dirancang untuk mencegah pesawat mengalami stall atau kehilangan daya angkat. Beberapa pilot mengeluh tentang situasi hidung-turun (nose-down) yang tidak disengaja saat menerbangkan jet Max 8, menurut database federal AS.
 
Ada larangan global terhadap penerbangan Boeing 737 Max setelah kecelakaan Ethiopian Airlines. Amerika Serikat melarang terbang semua 737 Max 8 dan 9 pada Rabu, 13 Maret 2019, di tengah tekanan yang meningkat.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif