Inflasi Eropa Diprediksi Menanjak di Akhir 2018
Presiden European Central Bank Mario Draghi (FOTO: AFP)
Frankfurt: Euro menyentuh level tertinggi setelah Presiden Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) Mario Draghi memperkirakan tingkat inflasi akan meningkat menjelang akhir tahun. Sebelumnya, ECB telah mempertahankan suku bunganya tidak berubah dan telah berjanji untuk tetap berpegang pada stimulusnya.

"Meski langkah inflasi dasar secara umum diredam, namun inflasi telah meningkat dari posisi terendah sebelumnya. Ke depan, inflasi dasar diperkirakan meningkat menjelang akhir tahun dan terus meningkat lebih lanjut dalam jangka menengah," kata Draghi, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Menurutnya tekanan inflasi akan terjadi dalam jangka panjang. Kondisi ini tentu harus diantisipasi dan diharapkan pergerakan inflasi tersebut tidak memberikan efek negatif terhadap pertumbuhan ekonomi di Eropa, mengingat ketidakpastian ekonomi sedang terjadi.

"Kekuatan yang mendasari ekonomi terus mendukung keyakinan kami bahwa konvergensi inflasi berkelanjutan akan dilanjutkan dan dipertahankan. Bahkan setelah secara bertahap kami mengurangi pembelian aset bersih," tutur Draghi.



Di sisi lain, Uni Eropa baru-baru ini menolak rancangan anggaran Italia untuk 2019. Lembaga yang berlokasi di Brussels itu untuk pertama kalinya mengirim kembali template pengeluaran yang diusulkan negara anggota. Italia diminta untuk mengirimkan kembali rencana anggaran yang sudah diperbaiki, terutama memperbaiki defisit terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Kekecewaan telah meningkatkan biaya pinjaman di Italia, yang menyebabkan kekhawatiran bahwa bank-bank Italia bisa melihat posisi keuangan mereka tertekan. Sedangkan Draghi berharap Uni Eropa dan Italia bisa mencapai kesepakatan demi kepentingan bersama.

"Obligasi berada di dalam portofolio bank. Mereka menyimpang ke posisi modal bank, itu sudah jelas. Tapi saya masih yakin kesepakatan akan ditemukan," pungkas Draghi.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id