Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi salah satu miliarder muda di dunia. FOTO: AFP
Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi salah satu miliarder muda di dunia. FOTO: AFP

13 Miliarder Muda AS Berusia di Bawah 40 Tahun

Ekonomi miliarder dunia daftar forbes
Margaret Puspitarini • 09 Oktober 2019 21:07
Jakarta: Dari daftar 400 orang terkaya di Amerika Serikat, sebanyak 13 di antaranya masih berusia di bawah 40 tahun. Dari jumlah tersebut, empat orang merupakan ahli waris kekayaan keluarga mereka sementara sembilan lainnya meluncurkan perusahaan yang beroperasi secara digital.
 
Dari 13 orang tersebut, tiga di antaranya merupakan petinggi Facebook. CEO Facebook Mark Zuckerberg masuk dalam daftar ini dengan jumlah penghasilan bersih tahun ini sebesar USD69,6 miliar. Pendapatan ini meningkat USD8,6 miliar dibandingkan tahun lalu.
 
Berikut daftar lengkap 13 orang terkaya di AS yang masih berusia di bawah 40 tahun, seperti dilansir dari Forbes, Rabu, 9 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Sean Parker
Di usia 39 tahun, Parker memiliki pendapatan bersih yang bersumber dari Facebook sebesar USD2,7 miliar.
 
2. Joe Gebbia
Siapa sangka Chief Product Officer Airbnb ini sempat mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah? Namun, kini jebolan Rhode Island School of Design yang baru berusia 38 tahun tersebut memperoleh pendapatan bersih sebesar USD4,2 miliar.
 
3. Brian Chesky
Chesky dan Gebbia ternyata satu angkatan di kampus Rhode Island School of Design. Mereka sepakat untuk meluncurkan Airbnb dan kini memiliki pendapatan bersih yang sama, yaitu USD4,2 miliar.
 
4. Ernest Garcia III
Garcia meluncurkan Carvana sebagai anak perusahaan pengecer mobil bekas milik sang ayah, DriveTime Automotive. Di Carvana, Garcia bertindak sebagai Wakil Presiden Direktur. Dari perusahaan tersebut, pria berusia 37 tahun ini mendapatkan penghasilan bersih sebesar USD2,3 miliar.
 
5. Lynsi Snyder
Menjadi pewaris dari perusahaan burger In-N-Out milik keluarganya, bukan berarti Snyder tidak pernah melakukan pekerjaan kasar di perusahaan tersebut. Bergabung sejak usianya 18 tahun, Snyder pernah bertugas di bagian registrasi dan memisahkan daun selada di Redding, California. Kini, wanita berusia 37 tahun itu berpenghasilan bersih USD3,6 miliar.
 
6. Scott Duncan
Duncan dan tiga kakak laki-lakinya merupakan pewaris dari perusahaan minyak dan pipa gas milik sang ayah. Perusahaan tersebut dijalankan oleh kakak perempuan tertua Duncan, yaitu Randa Duncan Williams di mana perusahaan tersebut diperdagangkan secara terbuka. Meskipun tidak terlibat mengelola perusahaan, pria berusia 36 tahun ini memiliki penghasilan sebesar USD3,6 miliar dari perusahaan yang diwariskan sang ayah.
 
7. Nathan Blecharczyk
Pendiri Airbnb lainnya, yakni Blecharczyk pernah menjalankan bisnis perangkat lunak saat SMA dan menjual program tersebut kepada 20 klien yang berada di 20 negara. Lulusan Ilmu Komputer itu kini menjadi Chief Strategy Officer and Chairman Airbnb China. Pria berusia 36 tahun ini memiliki pendapatan sebesar USD4,2 miliar.
 
8. Mark Zuckerberg
Di usia 35 tahun, CEO Facebook ini memiliki pendapatan sebesar USD69,6 miliar dari bisnis yang dia luncurkan pada 2004 di kamar asramanya. Meski tidak pernah menyelesaikan kuliahnya di Harvard University, pada 2017 kampus tersebut memberikan gelar kehormatan kepada Zuckerberg.
 
9. Dustin Moskovitz
Moskovitz adalah teman sekamar Zuckerberg saat kuliah. Keduanya meluncurkan Facebook dan pria berusia 35 tahun tersebut menjadi Chief Technology Officer pertama Facebook kemudian meninggalkan usaha yang dia rintis pada 2008. Sebagian besar sumber kekayaan Moskovitz bersumber dari dua persen sahamnya di sosial media. Saat ini, pendapatan bersihnya mencapai USD11,6 miliar.
 
10. Julio Mario Santo Domingo III
Pria berusia 34 tahun ini merupakan cucu dari pemilik saham SABMiller. Santo Domingo kini memiliki sahamnya sendiri di perusahaan bir terbesar di dunia Anheuser-Busch InBev yang bergabung dengan SABMiller pada 2016. Total pendapatan bersih Santo Domingo sebesar USD2,1 miliar.
 
11. Lukas Walton
Lukas merupakan cucu dari pendiri raksasa retail, Walmart. Pria berusia 33 tahun itu mewarisi saham di perusahaan tersebut setelah sang ayah tewas dalam kecelakaan pesawat pada 2005. Saat ini, penghasilan bersih Lukas mencapai USD18,1 miliar.
 
12. Bobby Murphy
Bersama Stanford fraternity brother-nya Evan Spiegel, Murphy meluncurkan aplikasi Snapchat pada 2011. Saat ini, pria berusia 31 tahun itu menjabat sebagai Chief Technology Officer Snap Inc. Pendapat bersih Murphy dari jabatannya saat ini mencapai USD3,7 miliar.
 
13. Evan Spiegel
Spiegel memulai debutnya dalam The Forbes 400 pada 2015 ketika masih berusia 25 tahun. Dalam dua tahun berturut-turut, pria berusia 29 tahun ini menjadi satu-satunya member The Forbes 400 yang berusia 20 tahun-an. Sempat dikeluarkan dari kampus, pria berpenghasilan USD3,6 miliar ini kembali ke Stanford University untuk menyelesaikan pendidikan sarjananya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif