Ilustrasi (Xinhua/Wang Lei)
Ilustrasi (Xinhua/Wang Lei)

Wall Street Menguat, Saham Teknologi Pimpin Keuntungan

Ekonomi wall street
02 Juli 2019 07:03
New York: Saham-saham di Wall Street menguat pada penutupan perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB). Tetapi lebih rendah dari posisi tertinggi awal, dipimpin oleh keuntungan dalam saham-saham teknologi. Hal itu terjadi karena ada optimisme untuk kemajuan dalam pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.
 
Selain itu, dikarenakan ada tanda-tanda kemungkinan penangguhan hukuman untuk perusahaan telekomunikasi Tiongkok, Huawei. Meskipun kehilangan beberapa kenaikan awal, S&P 500 masih berhasil ditutup pada rekor tertinggi setelah AS dan Tiongkok sepakat untuk melanjutkan kembali pembicaraan perdagangan.
 
Bahkan, Presiden AS Donald Trump juga menawarkan konsesi termasuk tidak ada tarif baru dan pelonggaran pembatasan pada Huawei Technologies Co Ltd. Sementara Tiongkok setuju untuk melakukan pembelian baru yang belum ditentukan atas produk pertanian AS.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip Antara, Selasa, 2 Juli 2019, indeks Dow Jones Industrial Average naik 117,47 poin atau 0,44 persen menjadi 26.717,43 poin. Indeks S&P 500 bertambah 22,57 poin atau 0,77 persen menjadi 2.964,33 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir 84,92 poin atau 1,06 persen lebih tinggi menjadi 8.091,16 poin.
 
Namun, saham-saham telah memberikan sebagian yang baik dari keuntungan awal mereka, karena investor merenungkan apakah Federal Reserve (Fed) AS akan sama dovish-nya seperti yang telah diantisipasi baru-baru ini, dan kehati-hatian merayap kembali ke dalam apa yang mungkin akan menjadi pekan dengan perdagangan rendah menyusul libur 4 Juli.
 
"Ada perayaan di tempat terbuka dan itu adalah kasus di mana jika sebagian dari ketidakpastian perdagangan ini hilang. Bahkan jika itu tidak diselesaikan, bisa dikatakan, itu mengurangi kemungkinan the Fed perlu melangkah, atau setidaknya melangkah dengan agresif," kata Ahli Strategi Investasi di Robert W Baird, Willie Delwiche, di Milwaukee.
 
Saham-saham teknologi berkinerja terbaik di Wall Street sejauh tahun ini, melonjak 1,45 persen dengan saham kelas berat Apple Inc meningkat 1,83 persen memberikan dorongan terbesar.
 
Pembuat cip dengan eksposur pendapatan yang cukup besar ke Tiongkok melonjak hampir lima persen pada sesi tertinggi mereka sebelum juga mundur kembali, terakhir menunjukkan kenaikan 2,65 persen dalam indeks Philadelphia Semiconductor. Pemasok Huawei Micron Technology Inc melonjak 3,9 persen.
 
Saham-saham melihat aksi jual tertajam mereka tahun ini pada Mei, penurunan 6,6 persen setelah gangguan dalam pembicaraan perdagangan AS-Tiongkok memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi global.
 
Tetapi harapan bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga untuk mempertahankan pertumbuhan kuat ekonomi AS, dan pergantian dovish oleh bank sentral di seluruh dunia, membantu S&P 500 dan indeks Dow Jones mencatat kinerja Juni terbaik dalam beberapa dekade.

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif