Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin (Jim Watson/AFP)
Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin (Jim Watson/AFP)

Progres Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok Capai 90%

Ekonomi ekonomi amerika ekonomi china tiongkok as-tiongkok Perang dagang
Angga Bratadharma • 29 Juni 2019 12:01
Bahrain: Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin mengatakan AS dan Tiongkok hampir mendekati kesepakatan perdagangan. Diharapkan kesepakatan ini bisa segera terlaksana lantaran perang dagang yang terjadi telah memberikan efek negatif di antara kedua negara, termasuk perekonomian global.
 
"Kami sekitar 90 persen dari perjalanan ke sana (mencapai kesepakatan dagang antara AS-Tiongkok) dan saya pikir ada jalan untuk menyelesaikan ini," kata Mnuchin, di Manama, Bahrain, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 29 Juni 2019.
 
Dia yakin Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping dapat membuat kemajuan dalam pembicaraan perdagangan yang macet di pertemuan Kelompok 20 (G20) yang akan diselenggarakan di akhir pekan ini. "Pesan yang ingin kami dengar adalah bahwa mereka ingin kembali ke meja (berunding) dan melanjutkan," tuturnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena saya pikir ada hasil yang baik untuk ekonomi mereka (Tiongkok) dan ekonomi AS guna mendapatkan perdagangan seimbang dan untuk terus membangun hubungan ini," tambah Mnuchin.
 
Trump akan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di pertemuan puncak di Osaka, Jepang. Hasil dari pertemuan tersebut dapat menjadi sangat penting bagi ekonomi global dan pasar keuangan yang telah diguncang oleh ketegangan perdagangan antara raksasa ekonomi dan peningkatan tarif pada impor masing-masing selama 18 bulan.
 
Para pejabat belum menegosiasikan terobosan, tetapi ada harapan bahwa pertemuan antara kedua Presiden dapat memajukan diskusi. Bank of America Merrill Lynch melakukan survei kepada investor dan menemukan bahwa sekitar dua pertiga memperkirakan tidak ada kesepakatan di akhir pekan ini, tetapi juga tidak akan ada tarif baru.
 
"Saya berharap bahwa kita dapat bergerak maju dengan rencana di mana Presiden Trump dan Presiden Xi memiliki hubungan kerja yang sangat dekat. Kami memiliki pertemuan yang produktif di G20," kata Mnuchin.
 
Sebelumnya, Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan peningkatan risiko jangka menengah terhadap ekonomi Amerika Serikat, dengan mencatat "pembalikan tiba-tiba" dari kondisi pasar keuangan yang mendukung baru-baru ini atau mendalamnya sengketa perdagangan yang sedang berlangsung merupakan risiko material terhadap ekonomi AS.
 
"Sistem keuangan tampak sehat tetapi kerentanan pada leverage korporasi dan, berpotensi, dalam sistem nonbank dinaikkan oleh standar-standar historis," kata Dewan Eksekutif IMF dalam sebuah pernyataan setelah mengakhiri konsultasi Pasal IV tahunannya untuk meninjau ekonomi AS.
 
Dewan Eksekutif IMF mencatat bahwa rasio utang publik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) AS berada di jalur yang tidak berkelanjutan dan diperkirakan terus meningkat selama jangka menengah, karena pengeluaran terkait penuaan meningkat.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif