Ilustrasi. FOTO: AFP.
Ilustrasi. FOTO: AFP.

AS Akan Perpanjang Penghapusan Tarif Barang Tiongkok

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang
Nia Deviyana • 29 Oktober 2019 13:09
Washington: Amerika Serikat (AS) berencana memperpanjang penangguhan tarif barang impor dari Tiongkok senilai USD34 miliar. Kantor Perwakilan Perdagangan AS menuturkan hal ini menyusul kesepakatan perdagangan fase satu.
 
Melansir CNBC International, Selasa, 29 Oktober 2019, hampir 1.000 produk telah dibebaskan dari pengenaan tarif sejak Juli 2018, dan akan berakhir pada 28 Desember 2019.
 
Keputusan itu jika direalisasikan akan memberikan kelonggaran bagi perusahaan-perusahaan yang mengimpor barang dari Negeri Tirai Bambu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, perwakilan dagang AS mengatakan kedua negara hampir menyelesaikan kesepakatan perdagangan fase satu.
 
Presiden Donald Trump mengatakan perjanjian itu akan membahas kekayaan intelektual dan jasa keuangan, termasuk kesepakatan Tiongkok untuk membeli USD40 miliar-USD50 miliar produk pertanian Amerika.
 
Dana Moneter Internasional (IMF) mengungkapkan perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok akan memangkas pertumbuhan global 2019 ke laju paling lambat sejak krisis keuangan 2008-2009. Bahkan prospek pertumbuhan dapat menjadi jauh lebih gelap jika ketegangan perdagangan tetap tidak terselesaikan.
 
Dalam proyeksi Outlook Ekonomi Dunia terbarunya, IMF memperkirakan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) di 2019 hanya sebesar 3,0 persen atau turun dari 3,2 persen dalam perkiraan Juli. Pemangkasan terjadi sebagian besar karena meningkatnya dampak dari gesekan perdagangan global.
 
Perkiraan tersebut menjadi latar belakang yang suram yang menghiasi pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia minggu ini di Washington, dengan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mewarisi sejumlah masalah. Masalah itu mulai dari stagnasi perdagangan hingga reaksi politik di beberapa negara pasar berkembang.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif