Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Pasokan Uang di Eropa Terus Berkembang

Ekonomi ekonomi eropa eropa uni eropa zona euro
Angga Bratadharma • 01 Januari 2018 14:07
Frankfurt: Jumlah uang beredar (M3) di wilayah euro tumbuh 4,9 persen pada November 2017 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut data yang dikeluarkan oleh European Central Bank (ECB). Adapun uang yang beredar terus dipantau dengan harapan tidak memberi efek terhadap tingkat inflasi yang liar.
 
Mengutip Xinhua, Senin, 1 Januari 2018, tingkat pertumbuhan tahunan M3 pada November hanya 0,1 persen lebih rendah dari bulan sebelumnya, yang menunjukkan bahwa jumlah uang beredar kawasan euro terus berkembang dengan mantap.
 
Mengenai kontribusi spesifik mitra M3, ECB menunjukkan bahwa kewajiban keuangan jangka panjang memberikan kontribusi 0,7 poin persentase, aset eksternal bersih berkontribusi -0,7 poin persentase, kredit kepada pemerintah umum menyumbang 2,6 poin persentase, dan kredit kepada sektor swasta menyumbang 3,2 persen poin.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"M3 terus berkembang mencerminkan dampak langkah-langkah kebijakan moneter ECB dan biaya kesempatan yang rendah untuk menahan deposit paling likuid," kata Presiden ECB Mario Draghi. pada konferensi pers setelah Rapat Dewan Gubernur pada Desember.
 
Pada Rapat Dewan Gubernur terakhir pada 2017, ECB memutuskan untuk mempertahankan suku bunga utama pada rekor rendah dan meramalkan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat di kawasan euro. Hal itu diharapkan bisa terjadi dan nantinya menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas di masa mendatang.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif