Presiden Joko Widodo saat bertemu Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kiri). (FOTO: Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat bertemu Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kiri). (FOTO: Sekretariat Presiden)

Jokowi: Belanda Mitra Dagang Penting Indonesia di Eropa

Ekonomi indonesia-belanda ktt g20
Ade Hapsari Lestarini • 08 Juli 2017 18:17
medcom.id, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Belanda merupakan salah satu mitra terpenting perdagangan dan investasi Indonesia di Eropa.
 
Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Hotel Steigenberger, Hamburg, Jerman, Sabtu 8 Juli 2017 waktu setempat.
 
"Namun dalam beberapa tahun ini, angka perdagangan kedua negara menunjukkan tren menurun," kata Jokowi, seperti disampaikan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu 8 Juli 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harapan saya, tren ini akan berbalik menjadi positif. Oleh karena itu, perlu kerja keras kita untuk mewujudkan tren positif perdagangan," jelas Presiden.
 
Presiden meyakini apabila negosiasi Indonesia-EU CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) telah selesai, maka perdagangan bilateral akan mengalami peningkatan.
 
Seperti diketahui, mengawali hari ketiga berada di Jerman, dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Jokowi menekankan pada peningkatan kerja sama di sektor ekonomi dan penanggulangan terorisme.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif