Zona Euro Menyetujui Paket Bantuan Utang untuk Yunani
Ilustrasi (AFP PHOTO/LOUISA GOULIAMAKI)
Athena: Menteri Keuangan Zona Euro Mario Centeno setuju memberikan paket bantuan utang untuk Yunani dan pencairan baru sebesar 15 miliar euro sebagai bagian dari program bailout sebesar 86 miliar euro sekarang ini. Adapun Yunani diharapkan bisa segera menyelesaikan persoalan ekonominya dan kembali sehat seperti dulu.

"Kesepakatan itu melibatkan perpanjangan waktu selama 10 tahun dari jatuh tempo pinjaman dan penundaan 10 tahun pembayaran bunga," kata Mario Centeno, dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 23 Juni 2018.

Centeno menambahkan kondisi ini memungkinkan Yunani untuk menerbitkan obligasi di kurva imbal hasil. Namun, Athena kemungkinan membayar biaya pinjaman obligasi lebih rendah karena paket bantuan baru dalam membantu menyiapkan penyangga uang tunai senilai 24,1 miliar euro yang akan menutupi kebutuhan pembiayaan Yunani selama 21 bulan.



Menteri Keuangan Yunani Euclid Tsakalotos mengatakan kesepakatan memperpanjang dan menunda pembayaran pada bagian dari tumpukan utang Yunani mengirim sinyal yang jelas ke pasar bahwa negara itu telah berubah dari krisis yang mengguncangnya di masa lalu.

Menteri Keuangan Zona Euro sebelumnya menawarkan Yunani perpanjangan 10 tahun penundaan dan perpanjangan pada sebagian besar pinjaman masa lalu serta 15 miliar euro dalam kredit baru untuk memastikan Athena dapat berdiri sendiri setelah keluar dari bailout pada Agustus.

"Saya harus mengatakan bahwa Pemerintah Yunani senang dengan kesepakatan ini. Kami menganggap utang sekarang layak dan sekarang kami dapat memiliki akses ke pasar. Tetapi pada saat yang sama pemerintah tidak akan melupakan apa yang orang Yunani alami dalam delapan tahun terakhir," ungkap Tsakalotos.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id