IMF Sebut Ekonomi Dunia Rentan
Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde -- Foto: Antara/ Wisnu Widiantoro
Nusa Dua: Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan ekonomi dunia saat ini berada dalam situasi yang agak rapuh. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi dunia secara berturut-turut berada di angka 3,7 persen selama 2018 dan 2019.

Angka tersebut bahkan mengalami penurunan dari perkiraan sebelumnya yang sebesar 3,9 persen. "Apakah ekonomi cukup kuat? Saya jawab tidak," kata Lagarde di sela-sela pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Menurutnya, angka pertumbuhan itu tidak seimbang jika diukur dalam skala dunia. Di sisi lain, perang dagang juga menjadi hambatan ekonomi untuk tumbuh.

Selain itu, peningkatan utang global yang berasal dari sektor swasta dan publik juga perlu diwaspadai. Lagarde bilang perubahan kecil yang dilakukan sebuah negara bisa mengubah perkiraaan ekonomi dan stabilitas.

Oleh karenanya, negara-negara dunia perlu untuk mengombinasikan kebijakan yang tepat. "Kita harus mengemudikan kapal jangan sampai tergeser jauh dari angin. Kita perbaiki bauran kebijakan jangka menengah dan panjang untuk atasi hal ini. Kita bergandengan tangan ada di suatu kapal yang sama," jelas mantan Menteri Keuangan Perancis ini.

 



(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id