Presiden Rusia Vladimir Putin (Alexey NIKOLSKY/SPUTNIK/AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Alexey NIKOLSKY/SPUTNIK/AFP)

Awal 2019, Ekonomi Rusia Hadapi Masa Sulit

Ekonomi ekonomi rusia
Nia Deviyana • 25 Desember 2018 12:52
Moscow: Ekonomi Rusia diperkirakan berada pada titik yang sulit di awal 2019 dengan perkiraan Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) hanya sebesar 1,3 persen sepanjang tahun. Kondisi tersebut dipicu oleh tidak menentunya ekonomi dunia yang memengaruhi Rusia, termasuk faktor internal.

"Periode paling sulit untuk dinamika ekonomi adalah pada awal 2019, sementara paruh kedua akan lebih positif, di mana secara umum di 2019 kita akan mencapai indikator PDB sekitar 1,3 persen," kata Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia Maxim Oreshkin, seperti dilansir Xinhua, Selasa, 25 Desember 2018.

Oreshkin mencatat ekonomi Rusia dihadapkan pada beberapa tantangan baik dari dalam maupun luar negeri. Secara eksternal, ada situasi global yang keras, volatilitas di pasar komoditas, dan penurunan permintaan untuk produk ekspor Rusia secara keseluruhan karena perlambatan ekonomi global.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Tekanan domestik juga membebani perekonomian. Peningkatan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 18 persen menjadi 20 persen pada tahun depan akan memangkas sebagian permintaan konsumen. Kebijakan bank sentral untuk mengurangi risiko meningkatnya inflasi pun akan memberikan pengaruh pada dinamika ekonomi dan pinjaman di awal tahun. Bahkan, Oreshkin menambahkan, penyaluran kredit korporasi mulai melambat, yang kemungkinan memberi dampak pada dinamika ekonomi di awal 2019. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada konferensi pers tahunannya bahwa PDB Rusia pada 2018 diperkirakan 1,8 persen, dan akan melampaui tiga persen pada 2021.

 


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi