Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Aktivitas Bisnis di Zona Eropa Melambat

Ekonomi ekonomi eropa
21 April 2019 16:55
London: Aktivitas bisnis di kawasan zona Euro melambat pada kuartal I-2019 karena permintaan hampir tidak naik meskipun harga sedikit menguat. Hal ini ditujukan sebuah survei pada Kamis, 18 April.
 
Indeks Manajer Pembelian IHS Markit, yang dianggap sebagai panduan untuk indikator kesehatan ekonomi, turun menjadi 51,3 bulan ini dari hasil akhir Maret di 51,6. Angka ini dibawah rata-rata dalam jajak pendapat Reuters yang berada pada 51,8.
 
"Ini masih belum berada di wilayah resesi dengan cara apa pun tetapi menunjuk ke pertumbuhan ekonomi yang tidak menarik, dan ini tercermin dalam harapan yang suram," kata Chris Williamson, kepala ekonom di IHS Markit dikutip dari The Strait Times, Minggu, 21 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Williamson mengatakan PMI menunjukkan pertumbuhan PDB kuartal kedua di bawah 0,2 persen. Angka ini dibawah prediksi 0,3 persen dalam jajak pendapat Reuters awal bulan ini.
 
Ketika bisnis baru hampir tidak meningkat pada April, sub-indeks hanya mendorong hingga 50,6, dari 50,5, hampir mendekati tanda 50 yang membagi pertumbuhan dari kontraksi, ada sedikit tanda perubahan haluan yang akan terjadi.
 
Penurunan itu kembali dipimpin oleh industri manufaktur. Kenaikan PMI menjadi 47,8 dari 47,5 Maret masih berada di bawah perkiraan survey yang berada di 47,9.
 
Indeks yang mengukur produksi, yang dimasukkan ke dalam PMI, naik menjadi 48,1 dari 47,2, tetapi untuk bulan kedelapan produsen masih menjalankan pesanan lama. Indeks pekerjaan turun ke level terendah lebih dari enam tahun di 44,4 dari 45,0.
 
PMI yang mencakup industri jasa dominan blok itu jatuh lebih jauh dari yang diperkirakan dengan turun menjadi 52,5 dari 53,3 pada Maret, jauh di bawah perkiraan jajak pendapat Reuters untuk 53,2. Perusahaan jasa beralih ke mengisi pesanan lama. Indeks ekspektasi bisnis untuk layanan turun menjadi 62 dari 62,3.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif