Ilustrasi. FOTO: AFP.
Ilustrasi. FOTO: AFP.

Tiongkok Minta AS Hapus Lebih Banyak Tarif

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang
Nia Deviyana • 05 November 2019 13:35
Beijing: Tiongkok mendorong Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menghapus lebih banyak tarif, menyusul kesepakatan dagang fase satu yang akan ditetapkan dua negara besar tersebut.
 
Kesepakatan yang disebut-sebut bakal ditandatangani pada 15 Desember itu setidaknya akan memangkas USD156 miliar untuk barang yang diimpor dari Tiongkok, termasuk ponsel, komputer, laptop, dan mainan.
 
Pejabat AS mengatakan kelanjutan 15 Desember sedang dipertimbangkan sebagai bagian dari negosiasi. Sementara negosiator dari Tiongkok ingin Washington menurunkan tarif 15 persen pada barang-barang Tiongkok senilai USD125 miliar yang mulai berlaku pada 1 September.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka juga meminta penghapusan tarif 25 persen sebelumnya atau sekitar USD250 miliar untuk barang mesin dan semikonduktor furnitur," ujar sumber seperti dilansir dari CNBC International, Selasa, 5 November 2019.
 
Sumber tersebut mengatakan pihaknya terus mendesak Washington untuk menghapus semua tarif sesegera mungkin.
 
Surat kabar Financial Times melaporkan bahwa Gedung Putih sedang mempertimbangkan apakah akan menurunkan tarif seperti yang diminta Tiongkok, yang mencakup beberapa item pakaian, televisi layar datar, pengeras suara, dan headphone bluetooth.
 
Direktur China Program di Eurasia Center Ralph Winnie mengatakan penyelesaian pakta dagang sementara bisa memberikan dorongan positif bagi ekonomi AS maupun Tiongkok.
 
"Ini solusi win-win untuk kedua negara," kata Winnie.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif