Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Inflasi Zona Euro Stabil di September

Ekonomi ekonomi eropa eropa uni eropa zona euro
Angga Bratadharma • 19 Oktober 2017 15:03
medcom.id, Brussels: Inflasi tahunan zona euro berada pada kondisi yang stabil pada September dibandingkan dengan bulan sebelumnya, data dari kantor statistik Uni Eropa Eurostat menunjukkan. Adapun sejumlah pihak terus berupaya dan berharap agar perekonomian zona euro bisa terus mengalami perbaikan di masa mendatang.
 
Mengutip Xinhua, Kamis 19 Oktober 2017, eurostat mengatakan inflasi adalah 1,5 persen pada September, sama seperti perkiraan yang dirilis pada 29 September dan tidak berubah dari tingkat yang terlihat pada Agustus. Penggerak inflasi terbesar adalah biaya energi yang naik 3,9 persen. Harga makanan olahan, alkohol dan tembakau juga meningkat dua persen.
 
Inflasi inti, yang menghilangkan unsur-unsur yang lebih mudah berubah, mengalami sedikit penurunan menjadi 1,1 persen dari 1,2 persen di bulan sebelumnya. Sejumlah pihak siap untuk terus menjaga agar pergerakan inflasi berada pada kondisi yang bisa mendukung laju pertumbuhan ekonomi, termasuk mengentaskan sejumlah persoalan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




European Central Bank (ECB) menyebut bank di zona euro dipersiapkan dengan baik untuk perubahan suku bunga yang tajam. Bahkan, ECB telah melakukan simulasi sebuah skenario dari pengetatan moneter yang tiba-tiba hingga pembekuan pinjaman menyusul keruntuhan Lehman Brothers.
 
Hasilnya datang saat ECB bersiap untuk mulai memutar kembali stimulus moneternya setelah bertahun-tahun suku bunga berada di level ultrarendah dan pembelian obligasi besar-besaran, yang membuka peluang kenaikan suku bunga di bawah garis batas.
 
ECB menemukan bahwa suku bunga yang lebih tinggi akan menghasilkan pendapatan bunga bersih yang lebih tinggi dalam tiga tahun ke depan untuk mayoritas 111 bank dalam uji stres, namun juga nilai ekonomi ekuitas yang lebih rendah. Sejumlah skenario memang perlu dilakukan agar perbankan memiliki daya tahan yang kuat.
 

 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif