Gedung Bank of England di Kota London, Inggris (Justin Tallis/AFP)
Gedung Bank of England di Kota London, Inggris (Justin Tallis/AFP)

Bank Sentral Inggris Pertahankan Suku Bunga Acuan

Ekonomi brexit ekonomi inggris bank of england (boe)
04 Mei 2019 16:01
London: Bank sentral Inggris atau Bank of England (BoE) mempertahankan suku bunga pada level 0,75 persen seiring dengan kenaikan perkiraan pertumbuhan ekonomi untuk 2019 sebesar 1,5 persen. Para ahli dan komentator memperkirakan bahwa bank sentral akan merespons dengan pendekatan tunggu dan lihat karena Inggris masih dalam periode ketidakpastian Brexit.
 
Kepala Penasihat Ekonomi untuk EY ITEM Club, kelompok prakiraan ekonomi di London, Howard Archer mengatakan jelas Brexit telah membebani keputusan untuk mempertahankan suku bunga acuan di level 0,75 persen. Tentu ada harapan agar ketidakpastian Brexit bisa segera selesai guna memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi.
 
"Jelas BoE melihat tidak pasti tentang Brexit dan telah mengadopsi pendekatan menunggu dan melihat dengan apa yang terjadi pada Brexit sekarang. Karena tenggat waktu telah diperpanjang dan bagaimana itu akan memengaruhi perekonomian," kata Archer, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 4 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Archer menambahkan sikap Bank Dunia akan terus bergantung secara signifikan, khususnya dalam mengatur perdagangan baru dan apakah transisinya tiba-tiba atau mulus, serta bagaimana rumah tangga, bisnis, dan pasar keuangan merespons.
 
"Komentar masa lalu oleh Gubernur BoE Mark Carney telah menyarankan bahwa kemungkinan besar ekonomi akan membutuhkan stimulus jika tidak ada kesepakatan Brexit. Dengan demikian menunjukkan bahwa penurunan suku bunga akan lebih mungkin daripada kenaikan," kata Archer.
 
Archer mengungkapkan BoE telah memperingatkan pasar untuk menilai penaikan suku bunga lebih lanjut di masa depan, terutama jika ada Brexit yang lancar dan ada lebih sedikit gangguan perdagangan daripada di bawah kesepakatan Brexit.
 
"Pesan dari BoE adalah bahwa jika ada transisi yang lancar, maka pasar hampir pasti meremehkan tingkat pengetatan moneter yang akan dibutuhkan. Bunga di masa depan naik akan terbatas dan bertahap, menurut BoE, tetapi tidak terbatas dan bertahap seperti pasar saat ini," pungkas Archer.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif