Inflasi Inggris Masih di Atas Target Bank Sentral
Gedung Bank of England di Kota London, Inggris (Justin Tallis/AFP)
London: Posisi inflasi Inggris tetap di atas target bank sentral dalam data yang dirilis. Sedangkan bank sentral Inggris atau Bank of England (BoE) tetap tidak dapat membuat respons tepat untuk sementara waktu karena ada ketidakpastian yang menggantung selama proses Brexit.

Mengutip Xinhua, Sabtu, 17 November 2018, Indeks Harga Konsumen (IHK) berada di angka 2,4 persen pada Oktober 2018 atau di atas target BoE sebesar dua persen, menurut data dari Kantor Statistik Nasional (ONS). Komponen utama dari angka inflasi ditarik ke arah yang berbeda, dengan sektor makanan melemah dan sektor energi menguat.

Inflasi barang mereda di bawah 1,0 persen peningkatan tahunan untuk pertama kalinya sejak Februari 2017, terutama didorong oleh harga mobil, pakaian dan alas kaki, menunjukkan bahwa tekanan inflasi dari depresiasi tiba-tiba dan besar pada saat referendum Brexit pada Juni 2016 kini telah sebagian besar telah terlewati.

Inflasi makanan turun kembali ke level terendah 20 bulan di 1,8 persen per tahun, tetapi inflasi energi terus meningkat, mencapai dua digit untuk pertama kalinya sejak awal 2012, dengan harga bahan bakar otomatis naik tajam di 0,7 persen dari bulan ke bulan.

Kenaikan tarif gas dan listrik juga mendorong inflasi lebih tinggi. Ini merupakan 21 bulan berturut-turut di mana inflasi lebih tinggi dari target moneter utama bank sentral BoE telah menaikkan suku bunga acuan hanya sekali pada waktu itu, sebesar 25 basis poin menjadi 0,75 poin, tetapi telah terhambat dari respons yang lebih kuat oleh ketidakpastian Brexit.

Data pekerjaan resmi yang dirilis menegaskan harapan bank sentral bahwa jumlah catatan pekerjaan dalam ekonomi, dan tingkat pengangguran di 4,1 persen (tingkat yang tidak terlihat selama 43 tahun) menunjukkan bahwa banyak surplus dalam ekonomi telah digunakan.

Angka-angka pekerjaan juga mengungkapkan meningkatnya keengganan kalangan pekerja asing untuk berkomitmen tinggal di Inggris akibat latar belakang ketidakpastian Brexit, dengan catatan jumlah warga negara Uni Eropa yang meninggalkan negara itu, semakin mengurangi kumpulan pekerja.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id