Ilustrasi. Foto: AFP.
Ilustrasi. Foto: AFP.

Jelang Kesepakatan Dagang, AS-Tiongkok Tawar Menawar Kebijakan

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang
Nia Deviyana • 06 Desember 2019 11:22
Washington: Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok masih tawar menawar kebijakan untuk memuluskan kesepakatan dagang fase satu. Baru-baru ini, Washington mendesak Beijing untuk membeli lebih banyak produk pertaniannya.
 
Melansir CNBC International, Jumat, 6 Desember 2019, Presiden Donald Trump meminta Tiongkok membeli USD40 miliar-USD50 miliar barang pertanian dalam setahun, yang artinya lebih besar dari pembelian Tiongkok tahun lalu yang sebesar USD8,6 miliar.
 
Trump juga menuntut agar Tiongkok mengumumkan rencana pembeliannya secara terbuka, serta menyatakan tidak akan bergantung pada kondisi pasar atau kewajiban perdagangan Tiongkok.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai kelanjutan kesepakatan dagang fase satu, Trump mengaku masih mempertimbangkan penghapusan tarif dan mengatakan pembicaraan perdagangan dengan Beijing berjalan dengan sangat baik.
 
Juru bicara Departemen Perdagangan China Gao Feng mengatakan bahwa kedua belah pihak mengedepankan komunikasi mengenai perdagangan. Tiongkok memiliki prinsip perjanjian perdagangan fase satu hanya bisa diwujudkan apabila tarif diturunkan.
 
Bloomberg News melaporkan pada Rabu, bahwa kedua negara semakin dekat dengan kesepakatan tarif yang akan dibatalkan dalam perdagangan terbatas.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif