Brexit. Dok:BI.
Brexit. Dok:BI.

Penjualan Ritel Inggris Terganggu Ketidakpastian Brexit

Ekonomi brexit
21 Januari 2019 00:12
London: Penjualan ritel Inggris pada Desember mengalami penurunan hampir satu persen karena kekhawatiran akan masa depan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa atau Brexit. Hal ini membebani keputusan konsumen untuk berbelanja.
 
Angka penjualan ritel Desember turun 0,9 persen pada angka November, menurut Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris. Fenomena ini terjadi karena saat Black Friday pengecer menawarkan diskon untuk pembelian Natal, dan ini tidak ada pada angka Desember. Penggerak utama penurunan volume penjualan pada Desember adalah penurunan penjualan non-makanan 2,3 persen dari bulan ke bulan.
 
"Sudah pasti ada semacam efek Brexit," tutur Thomas Pugh, ekonom Inggris di Capital Economics, sebuah perusahaan analisis keuangan yang berbasis di London, mengatakan kepada Xinhua, Minggu, 20 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengaku sangat sulit untuk mengetahui apa yang turun ke Brexit, serta apa yang disebabkan oleh perlambatan ekonomi global dan pasar saham. "Tetapi berdasarkan perbandingan dengan tingkat pengangguran dan inflasi, saya pikir ada semacam efek Brexit," tegas dia.
 
Pugh menambahkan level kepercayaan konsumen berada pada level terendah pada Desember selama lima tahun, namun lapangan kerja berada pada rekor tertinggi, pengangguran berada pada level terendah yang tidak terlihat sejak 1970-an dan pertumbuhan upah telah melampaui inflasi.
 
"Dalam angka terbaru, jika kepercayaan konsumen berada di tempat yang seharusnya diberikan inflasi dan kesempatan kerja, maka pertumbuhan penjualan ritel bisa naik dua persen lebih tinggi pada Desember," jelas Pugh.
 
Pugh mengatakan efek Brexit semakin buruk selama kuartal ini. Namun, potensi pertumbuhannya lebih tinggi daripada hilang. Pengeluaran konsumen kemungkinan akan tumbuh ketika keputusan dibuat pada Brexit dan konsumen merasa lebih santai tentang pengeluaran.
 
"Begitu kami memiliki kejelasan tentang Brexit konsumen akan mulai belanja lagi dan dalam perkiraan kami naik dengan cepat menjelang akhir tahun dan ke 2020," kata Pugh.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif