World Trade Organization (Foto: World Trade Organization)
World Trade Organization (Foto: World Trade Organization)

Anggota WTO Diminta Tekan Eskalasi Hambatan Perdagangan Global

Ekonomi perdagangan bebas perdagangan ekonomi dunia wto
Angga Bratadharma • 07 Maret 2018 12:06
Jenewa: Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) Roberto Azevedo meminta para anggotanya untuk menghindari pemicu eskalasi hambatan perdagangan global. Selain itu, ada desakan kepada mereka untuk merenungkan masalah tersebut.
 
Dia berbicara dalam sebuah pertemuan kepada seluruh anggota WTO sebagai tanggapan atas serangkaian pengumuman dari anggota organisasi dalam beberapa hari terakhir yang menunjukkan serangkaian hambatan perdagangan baru dan unilateral dapat segera diberlakukan.
 
"Mengingat pengumuman baru-baru ini mengenai kebijakan perdagangan, jelas bahwa sekarang kita melihat risiko yang jauh lebih tinggi dan nyata untuk memicu eskalasi hambatan perdagangan di seluruh dunia," kata Azevedo, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu, 7 Maret 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tidak dapat mengabaikan risiko ini dan saya mendesak semua pihak untuk mempertimbangkan dan merenungkan situasi ini dengan sangat hati-hati. Begitu kita memulai jalan ini, akan sangat sulit untuk membalikkan arah," tambahnya.
 
Keputusan Presiden AS Donald Trump pada minggu lalu untuk mengenakan tarif impor baja dan aluminium mendapat kritik dari seluruh dunia dan niat pembalasan dari beberapa sekutu terdekatnya. Trump mengumumkan rencana mengenakan denda 25 persen pada baja impor dan 10 persen di aluminium impor, yang menurutnya akan mulai berlaku minggu ini.
 
Namun, tarif yang direncanakan memicu kemarahan dari Kanada dan Uni Eropa (UE). Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan rencana Trump akan memiliki konsekuensi ekonomi yang signifikan dan serius terhadap kedua negara.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif