Uni Eropa Siap Bertindak Jika Trump Berlakukan Tarif Tinggi
Ilustrasi (FOTO: AFP)
Eropa: Uni Eropa mengaku sedang mempersiapkan diri untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait pengenaan tarif kontroversial pada baja dan alumunium terhadap blok Uni Eropa. Tenggat waktu yang diberikan meningkatkan kekhawatiran atas perang perdagangan yang diharapkan tidak terjadi.

Pejabat perdagangan utama Uni Eropa Cecilia Malmstrom akan mengadakan pembicaraan terakhir dengan Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross, meski tidak ditampik harapan untuk memenangkan pembebasan permanen sangat tipis.

Trump memberikan jaminan sementara kepada Uni Eropa dari baja 25 persen dan 10 persen untuk aluminium tetapi ini akan berakhir dan tidak dapat diperbarui. Eropa telah menetapkan tarif hukumannya sendiri atas impor Amerika termasuk barang-barang ikonik seperti sepeda motor Harley Davidson, blue jeans, dan wiski bourbon.

Juru Bicara Komisi Eropa Margaritis Schinas mengatakan kontak sedang berlangsung dengan Washington di semua tingkatan untuk mencoba menghindar dari tarif, tetapi memperingatkan kepada Uni Eropa untuk siap melakukan tindakan. Bahkan, para pejabat di Brussels akan bekerja pada hari libur umum untuk mengatasi masalah ini.

"Kami sabar, kami siap, dan Hari Buruh akan penuh dengan tenaga untuk kami," tegas Schinas, seperti dikutip dari CNBC, Kamis, 3 Mei 2018.

Sumber lain di Uni Eropa mengatakan diskusi sedang berlangsung dan Uni Eropa sedang menunggu. Kondisi ini menunjukkan bahwa Brussels bertahan untuk keputusan pada menit terakhir dari Trump. Tiga ekonomi terbesar Uni Eropa -Jerman, Inggris, dan Prancis- mengadakan pembicaraan krisis pada Minggu.

Prancis menegaskan mereka sepakat Uni Eropa harus siap bertindak jika Washington menekan maju atas pemberlakukan kebijakan tarif yang tinggi. Trump bertemu Macron dan Merkel pekan lalu tetapi tidak memberikan indikasi apakah ia berencana untuk mengecualikan Uni Eropa, yang tahun lalu mengekspor lebih dari USD7,7 miliar baja dan aluminium ke pasar AS.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360