Bursa Saham Asia. Foto : AFP.
Bursa Saham Asia. Foto : AFP.

Pasar Asia Melemah Jelang Penandatanganan Perjanjian Dagang AS-Tiongkok

Ekonomi bursa saham asia Perang dagang
Nia Deviyana • 15 Januari 2020 12:01
Shanghai: Pasar Asia mengalami pelemahan jelang penandatanganan perjanjian dagang fase satu antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Indeks Nikkei 225 di Jepang turun 0,46 persen, sementara indeks Topix turun 0,54 persen. Di Korea Selatan, indeks Kospi tergelincir 0,39 persen.
 
Melansir CNBC International, Rabu, 15 Januari 2020, Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,57 persen. Saham Tiongkok daratan juga lebih rendah setelah jam perdagangan pertama yang mana Komposit Shanghai turun 0,54 persen, komponen Shenzhen turun 0,51 persen dan komponen Shenzhen turun 0,5 persen.
 
Di sisi lain, pasar Australia melawan tren dengan menunjukkan penguatan. Indeks ASX 200 naik 0,31 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para pejabat dari Washington dan Beijing akan menyetujui perjanjian perdagangan pada 15 Januari 2020 waktu setempat, setelah AS mengatakan akan mengganti atau mengurangi beberapa tarif terhadap barang Tiongkok, sebagai kompensasi dari janji Negeri Tirai Bambu yang menyatakan bakal membeli lebih banyak produk AS.
 
Kesepakatan itu datang setelah Tiongkok berkomitmen membeli sekitar USD200 miliar barang AS selama dua tahun, yang mencakup sekitar USD80 miliar barang manufaktur, USD53 miliar energi, USD32 miliar produk pertanian, dan USD35 miliar dalam sektor jasa.
 
"Pergerakan pasar relatif tenang menjelang penandatanganan," kata direktur ekonomi dan pasar di National Australia Bank, Tapas Strickland, dalam catatan hariannya.
 
Kendati demikian, langkah AS dalam mencabut label manipulator mata uang ke Tiongkok memberikan tekanan atas Yuan. Namun, ekonom senior di bank ANZ Australia, Felicity Emmett, optimistis hal ini akan mendorong pertumbuhan global ke arah yang sedikit lebih baik, meski masih menyisakan ruang kekecewaan karena belum ada kejelasan pakta dagang mengenai fase kedua.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif