Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Sengketa Tarif Baja, AS Adukan India ke WTO

Ekonomi india ekonomi amerika wto
05 Juli 2019 09:33
Jenewa: Amerika Serikat telah mengadu kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) tentang tarif-tarif India yang diberlakukan sebagai tanggapan terhadap atas tarif baja dan aluminium AS tahun lalu, laporan WTO menyebutkan. Kondisi ini tentu diharapkan tidak memberi efek negatif terhadap perekonomian dunia.
 
Mengutip Antara, Jumat, 5 Juli 2019, perselisihan tersebut menyusul pengaduan serupa terhadap Tiongkok, Uni Eropa, dan lainnya, yang membalas dengan cara yang sama, dengan mengatakan tarif AS pada dasarnya adalah langkah-langkah perlindungan yang harus disertai dengan pemotongan keseimbangan hambatan perdagangan pada barang-barang lainnya.
 
Sementara itu, Amerika Serikat mengatakan bahwa pengenaan tarif baja dan aluminium tersebut bukan bentuk perlindungan. Sebelumnya, Pada Juni tahun lalu, AS memberlakukan tarif 25 persen terhadap impor baja dan 10 persen pada impor aluminium dari Meksiko, Kanada, dan Uni Eropa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


WTO sepakat membentuk panel di Badan Penyelesaian Sengketa (DSB) untuk menyelidiki tarif AS terhadap impor baja dan aluminium yang masuk ke negaranya. Tiongkok dan Uni Eropa (UE) bersama Meksiko, Norwegia, Rusia, Kanada, dan Turki sebelumnya memprotes langkah-langkah Washington demi kepentingan ekonomi negaranya.
 
Pada kesempatan yang sama, India dan Swiss mengajukan permintaan pertama mereka untuk panel serupa guna memutuskan tarif impor baja dan aluminium yang ditetapkan AS.
 
Seperti tujuh anggota lainnya, India dan Swiss berpendapat bahwa tindakan AS tersebut bukan untuk alasan keamanan nasional, melainkan pembenaran untuk menerapkan tarif impor terhadap barang-barang yang masuk ke AS.
 
Sementara itu, AS berpendapat bahwa pembentukan empat panel merupakan tindakan pembalasan yang diberlakukan oleh Kanada, Tiongkok, Uni Eropa, dan Meksiko.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif