Ilustrasi. FOTO: RBS
Ilustrasi. FOTO: RBS

Terlalu Dini Menyimpulkan Dampak Ekonomi Akibat Korona

Ekonomi perekonomian Virus Korona
Nia Deviyana • 24 Februari 2020 09:59
Riyadh: Pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan terlalu dini untuk menyimpulkan dampak ekonomi akibat wabah virus korona atau yang dikenal dengan Covid-19 ini. Hal itu dikatakan Sekretaris Keuangan AS Steven Mnuchin dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Riyadh.
 
"Saya pikir kita membutuhkan tiga atau empat minggu lagi untuk melihat bagaimana virus bereaksi, sampai kita benar-benar memiliki data statistik yang baik," ujarnya seperti dilansir dari CNBC International, Senin, 24 Februari 2020.
 
"Meskipun tingkat penyebaran virusnya cukup signifikan, tingkat kematiannya cukup kecil. Ini adalah sesuatu yang kami pantau dengan cermat, salah satu diskusi yang kami lakukan di sini adalah bahwa negara-negara harus punya persiapan, tetapi saya pikir kami masih pada titik yang terlalu dini untuk mengatakan ini sangat memprihatinkan atau tidak memprihatinkan," paparnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mnuchin menilai pemerintah Tiongkok bahkan tidak mengetahui bahaya virus korona ketika delegasi Negeri Tirai Bambu melakukan perjalanan ke Gedung Putih untuk menandatangani perjanjian perdagangan fase satu, Januari lalu.
 
"Dan saya pikir pemerintah Tiongkok bereaksi jauh lebih cepat daripada yang mereka lakukan dalam situasi sebelumnya. Tidak ada pertanyaan apakah Tiongkok sekarang fokus dalam mengendalikan virus, dan pendekatan fase dua (kesepakatan dagang) pastinya akan sedikit melambat," tukasnya.
 
Ketika ditanya apakah AS memiliki rencana cadangan dalam memberikan kebijakan fiskal pada kondisi ini, Mnuchin belum bisa memastikannya.
 
"Saya pikir berdasarkan semua yang kita lihat sekarang ini, semua dapat dikelola, tetapi situasinya dapat berubah. Seperti yang saya katakan, kabar baiknya adalah dalam tiga atau empat minggu lagi kita akan memiliki data yang jauh lebih baik," ujarnya.
 
Pada rapat dengar pendapat di hadapan Komite Keuangan Senat pekan lalu, Mnuchin bersikeras virus korona tidak akan memiliki dampak ekonomi yang signifikan setelah 2020.
 
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva memprediksi kemungkinan wabah korona bisa memangkas 0,1 persen pertumbuhan global tahun ini. Sementara itu, pertumbuhan Tiongkok akan turun menjadi 5,6 persen, lebih rendah 0,4 persen dari proyeksi IMF pada Januari.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif