Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Menteri ASEAN Sepakat RCEP Rampung Tahun Ini

Ekonomi ktt asean kementerian perdagangan RCEP
24 Juni 2019 07:50
Bangkok: Menteri Perdagangan (Mendag) Negara-negara ASEAN menyepakati Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) antara negara anggota ASEAN dapat diselesaikan pada 2019.
 
"Menteri negara-negara ASEAN yang mengurusi perdagangan menyepakati dan berkomitmen untuk menyelesaikan RCEP tahun ini," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di sela-sela KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, seperti dikutip dari Antara, Senin, 24 Juni 2019.
 
Kesepakatan dan komitmen tersebut tercapai, lanjut dia, mengingat situasi global saat ini. "Kita menyepakati dan tetap komitmen bahwa RCEP secara subtansi harus selesai tahun ini. Kita tidak ada pilihan lain apalagi di tengah situasi global saat ini," jelas dia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita sepakat bahwa substansi RCEP ini selesai di antara sesama negara-negara ASEAN, makanya kita meminta agar adanya fleksibilitas," ujar dia.
 
Menteri negara-negara ASEAN juga sepakat untuk saling memberikan dukungan satu sama lain dan melakukan komunikasi intens dalam penyelesaian RCEP ini.
 
"Kita semua sepakat bahwa RCEP ini menjadi sangat penting dengan kondisi ekonomi dunia akibat adanya perang dagang antara Tiongkok dan AS. Setelah adanya kesepakatan RCEP di antara negara-negara ASEAN, kita sepakat akan sharing dengan negara mitra ASEAN terkait RCEP," tambah dia.
 
Terkait bab kompetisi berusaha yang belum disepakati negara-negara ASEAN pada KTT ASEAN ke-33, Menteri Enggartiasto mengatakan bahwa bab kompetisi berusaha sudah menemui kata
mufakat.
 
RCEP memiliki 21 bab kesepakatan yang harus disepakati sebelum nantinya resmi diimplementasikan. "Secara substansi, RCEP sudah disepakati di antara sesama negara-negara ASEAN," kata dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif