Ilustrasi. FOTO: Jason Lee/AFP
Ilustrasi. FOTO: Jason Lee/AFP

Kerja Sama Ekonomi AS-Tiongkok Dinilai Saling Menguntungkan

Ekonomi ekonomi amerika ekonomi china tiongkok as-tiongkok Perang dagang
Medcom • 11 Januari 2020 16:01
New York: Duta Besar Tiongkok untuk Amerika Serikat (AS) Cui Tiankai berpandangan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara AS dengan Tiongkok selalu menguntungkan serta prinsipnya win-win solution. Dalam konteks ini, diharapkan kesepakatan dagang fase satu bisa segera ditandatangani dan nantinya juga mencapai kesepakatan komprehensif.
 
"Selama kita mengingat kepentingan mendasar kedua bangsa dan menghormati martabat, kedaulatan, dan kepentingan inti masing-masing, tidak ada kesulitan yang terlalu berat untuk diatasi," kata Cui, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 11 Januari 2020.
 
Mengomentari kesepakatan ekonomi dan perdagangan fase satu antara kedua negara, Cui mengatakan, kesepakatan itu akan kondusif bagi Tiongkok, Amerika Serikat, dan seluruh dunia, terutama dalam lingkungan internasional yang sangat kompleks.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan fakta telah membuktikan bahwa bagi Tiongkok dan Amerika Serikat, dialog dan konsultasi berdasarkan kesetaraan dan saling menghormati pada akhirnya akan mengarah pada hasil yang saling menguntungkan. Ke depan, Cui berharap hubungan Tiongkok-AS akan bergerak maju ke arah yang benar dan dengan cara yang sehat dan mantap.
 
Cui menambahkan kedua negara perlu memperkuat komunikasi strategis mereka dan bekerja bersama untuk masa depan yang lebih baik.Cui juga meminta komunitas bisnis dari kedua belah pihak untuk tetap percaya diri tentang prospek hubungan bilateral dan memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung persahabatan dan kerja sama bilateral.
 
Sementara itu, Kamar Dagang Tiongkok Midwest Amerika Serikat mengungkapkan peningkatan ekonomi Tiongkok selama beberapa dekade terakhir telah menguntungkan banyak perusahaan di Amerika Serikat. Diharapkan kondisi ini bisa terus meningkat ke arah positif sejalan dengan disepakatinya kesepakatan dagang fase satu antara AS dengan Tiongkok.
 
"Keberhasilan Tiongkok dalam pengentasan kemiskinan dan kelas menengahnya yang besar telah membawa peluang besar bagi kerja sama bisnis," kata Direktur Eksekutif Kamar Dagang Tiongkok Midwest AS Leo Chan, yang organisasinya memiliki 200 anggota dan semuanya memiliki ikatan ekonomi dengan Tiongkok.
 
"Kami senang melihat prestasi Tiongkok dalam pengentasan kemiskinan, pendidikan dan perawatan kesehatan dalam beberapa dekade terakhir dan kami berharap lebih banyak yang dapat dilakukan dalam hal ini pada 2020," pungkas Chan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif