Ilustrasi pekerja di Saudi Aramco. Foto: AFP.
Ilustrasi pekerja di Saudi Aramco. Foto: AFP.

Saudi Aramco akan Lepas Saham 2%

Ekonomi saudi aramco
Ade Hapsari Lestarini • 04 November 2019 08:19
Riyadh: Perusahaan minyak Saudi Aramco mengumumkan niatnya untuk melanjutkan penawaran umum saham perdana di Bursa Efek Saudi (Tadawul).
 
Al Arabiya TV melaporkan Aramco pada tahap pertama go public akan menawarkan dua persen dari saham perusahaan. Demikian seperti dilansir dari Xinhua, Senin, 4 November 2019.
 
Terungkap pula bahwa Aramco melaporkan laba bersih sebesar USD68 miliar dalam sembilan bulan pertama 2019. Sementara pendapatan perusahaan terkait dengan penjualan mencapai USD244 miliar untuk periode yang sama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu Saudi Aramco juga melaporkan laba sebesar USD111,1 miliar untuk 2018 dan USD46,9 miliar untuk paruh pertama 2019.
 
Sebelumnya stasiun penyiaran pemerintah Al Arabiya melaporkan saham perusahaan tersebut akan mulai diperdagangkan di bursa efek Arab Saudi, Tadawul, pada 11 Desember. Aramco akan mengumumkan harga transaksi pada 17 November 2019.
 
Perusahaan ini telah menunda IPO yang semula dijadwalkan pada 2018 ini berkali-kali. Saudi kabarnya merasa khawatir akan pengawasan publik atas laporan keuangannya, dan karena kompleksitas struktur perusahaannya.
 
Arab Saudi berencana menawarkan satu persen saham Aramco di bursa lokal sebelum akhir tahun ini, dan satu persen lagi pada 2020. Ini sebagai langkah awal sebelum penawaran saham kepada publik yang direncanakan sebesar lima persen.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif